Rabu 02 Jun 2021 14:44 WIB

Studi: Vitamin D Jaga Lemak Tubuh Tetap Rendah

Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat dari vitamin D bagi tubuh.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat dari vitamin D bagi tubuh.
Foto: Flickr
Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat dari vitamin D bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat dari vitamin D bagi tubuh. Sebuah penelitian baru oleh Universitas Nagoya pun mempelajari studi baru vitamin D dari sinar matahari, yang dapat membantu menjaga persentase lemak tubuh agar tetap rendah. 

Penelitian ini mencatat komposisi tubuh dan kadar vitamin D dalam darah dari sebanyak 42 atlet elit pria, sesaat sebelum pandemi terjadi di Jepang. Dua pertiga dari jumlah tersebut diberi dosis harian vitamin sinar matahari, setara dengan 1000 IU, dan meminumnya selama tiga bulan, sedangkan sisanya tidak.

Baca Juga

Sebulan kemudian, pada April 2020, pandemi COVID-19 meningkat. Fasilitas pelatihan seperti gym pun ditutup, membuat para atlet tidak dapat berlatih selama dua bulan.

Di akhir penelitian, para ilmuwan merekam ulang metrik mereka. Para atlet yang tidak mengandung vitamin D rata-rata memperoleh 1,9 persen lemak tubuh, sedangkan para peminum sup hanya memperoleh 0,2 persen.

Selanjutnya, semakin besar peningkatan kadar vitamin D atlet, semakin kecil peningkatan persentase lemaknya. “Suplementasi vitamin D mungkin berperan dalam mempertahankan persentase lemak tubuh atlet dalam keadaan di mana aktivitas olahraga menurun,” para penulis penelitian menyimpulkan, seperti dilansir laman Men’s Health, Rabu (2/6). 

Percobaan mereka sama sekali bukan yang pertama menunjukkan potensi vitamin D yang tersembunyi. Dalam sebuah studi oleh Universitas Ilmu Kedokteran Teheran, peserta yang mengonsumsi sup setiap hari selama 12 pekan kehilangan hampir 3 kilogram lemak tubuh dan mendapatkan 2 kilogram massa tubuh tanpa lemak.

Dan dalam penelitian oleh Universitas Kyung Hee, pelaku diet yang mengonsumsi vitamin D dosis harian saat latihan sirkuit, kehilangan lebih banyak berat badan daripada peserta yang tidak mengonsumsi sup.

Jadi, jika Anda akhirnya melewatkan bangku untuk ke pantai akhir pekan ini, yakinlah itu tidak akan merusak lingkar pinggang Anda. Dan jika Anda menemukan waktu untuk berlatih, lakukan latihan di luar untuk melipatgandakan manfaat pembakaran lemak. Bagaimanapun, sinar matahari akan membuat Anda tetap langsing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement