Rabu 02 Jun 2021 21:51 WIB

5 Kampus di Indonesia Pencetak Startup Sukses

Tiga di antaranya adalah ITB, Binus dan Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Red: Irwan Kelana
Lima kampus telah melahirkan startup sukses, beberapa di antaranya menjadi Unicorn Indonesia.
Foto: Dok UNM
Lima kampus telah melahirkan startup sukses, beberapa di antaranya menjadi Unicorn Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Startup atau perusahaan rintisan mulai menjamur di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Bisnis startup ini biasanya dirintis oleh generasi muda yang sangat dekat dengan teknologi digital. Hal ini berkaitan erat dengan layanan berbasis digital dan teknologi canggih. Era digital mengharuskan semua berinovasi dan kreatif penuhi kebutuhan masyarakat. 

Semua itu tidak terlepas dari ilmu pengetahuan berbasis teknologi digital. Banyak perguruan tinggi telah mempersiapkan bekal pengetahuan teknologi digital bagi mahasiswanya. Senergi dengan Kemendikbudristek yakni program kampus merdeka vokasi, startup menjadi perhatian khusus. Perguruan tinggi yang menciptakan bisnis startup terbaik akan mendapatkan suntikan dana dari pemerintah.

Nadiem Makarim, menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi menawarkan bantuan dana hingga ratusan miliar rupiah bagi perguruan tinggi vokasi yang membangun startup. Berikut lima  kampus di Indonesia yang berhasil mencetak pendiri startup sukses, seperti dikutip dalam  rilis yang diterima Republika.co.id:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)