Kamis 03 Jun 2021 11:43 WIB

Sumsel Berencana Gelar Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Pernyataan yang dilontarkan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dinilai masuk akal.

Red: Qommarria Rostanti
Sekolah tatap muka (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Sekolah tatap muka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dinas Pendidikan Sumatra Selatan berupaya melakukan persiapan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). Rencananya, PTM dilakukan mulai Juli 2021.

"Sekolah tingkat SMA yang menjadi kewenangan provinsi secara umum siap melakukan PTM sesuai dengan protokol kesehatan antsipasi penularan Covid-19," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi di Palembang, Kamis (3/6).

Dia menjelaskan, berdasarkan kunjungan ke sekolah tingkat SMA di Kota Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya, sudah cukup siap melakukan pembelajaran tatap muka. Peralatan untuk mengecek suhu tubuh, mencuci tangan, dan peralatan pendukung penerapan protokol kesehatan sudah disiapkan pihak sekolah. Begitu pula dengan tenaga pengajar atau guru telah disuntik vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok terpapar dari Covid-19.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, sebelumnya mendukung penuh upaya Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim menerapkan PTM di sekolah seluruh tingkatan secara serentak nasional pada awal Juli 2021. Pertimbangan yang dilontarkan Menteri Nadiem dalam rapat koordinasi dengan Komisi X DPR RI, pada Senin (31/5) dinilai sangat masuk akal.

"Menteri Nadiem mengatakan sekarang ini mal sudah buka, mengapa sekolah tidak mulai dibuka juga," ujarnya. Untuk menerapkan PTM di sekolah-sekolah yang tersebar di 17 kabupaten/kota dalam provinsi ini, Herman akan berkoordinasi dengan para bupati dan wali kota.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement