Jumat 04 Jun 2021 17:40 WIB

Wiku: Kasus Positif Naik 15,1 Persen Pekan Ini

Kenaikan kasus positif pada pekan ini dikontribusikan oleh lima provinsi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, kenaikan kasus positif pada pekan ini tercatat lebih rendah jika dibandingkan pekan sebelumnya. Pada pekan ini, angka kasus positif tercatat mengalami peningkatan sebesar 15,1 persen. Sementara pada pekan sebelumnya kenaikan kasus positif cukup tinggi, yakni mencapai 36,8 persen.

“Sedangkan, pada minggu lalu kita sudah mulai memasuki minggu kedua pascalibur Idul Fitri. Artinya, kenaikan kasus positif pada periode ini sudah dapat diklaim sebagai dampak dari libur Idul Fitri,” ujar Wiku saat konferensi pers, Jumat (4/6).

Kenaikan kasus positif pada pekan ini dikontribusikan oleh lima provinsi dengan kenaikan kasus positif tertinggi. Yakni Jawa Tengah naik 1.181 kasus, Riau naik 1.550 kasus, Kepulauan Riau naik 771 kasus, Aceh naik 692 kasus, dan DKI Jakarta naik 523 kasus.

Sementara itu, angka kematian pada pekan ini justru tercatat mengalami penurunan jika dibandingkan pekan sebelumnya. Pada pekan ini, angka kematian tercatat menurun sebesar 15,1 persen.

“Hal ini merupakan perkembangan yang sangat baik bahwa di tengah naiknya kasus positif, angka kematian dapat kita tekan,” kata dia menambahkan.

Angka kematian tertinggi pada pekan ini tercatat berada di Riau, Kepulauan Riau, NTB, Kepulauan Bangka Belitung, dan juga Bengkulu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement