Selasa 08 Jun 2021 19:44 WIB

AS Sita Bitcoin Tebusan untuk Peretas Colonial Pipeline

Colonial Pipeline membayar sekitar 63.7 bitcoin atas serangan ransomware.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar yang dibuat dengan drone menunjukkan fasilitas Colonial Pipeline di Baltimore, Maryland, AS, 10 Mei 2021. Serangan dunia maya memaksa penutupan sistem antarnegara bagian yang luas dari Colonial Pipeline, yang membawa bensin dan bahan bakar jet dari Texas ke New York. FBI mengonfirmasi bahwa ransomware Darkside bertanggung jawab atas serangan yang membahayakan perusahaan pipa yang berbasis di Atlanta.
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Gambar yang dibuat dengan drone menunjukkan fasilitas Colonial Pipeline di Baltimore, Maryland, AS, 10 Mei 2021. Serangan dunia maya memaksa penutupan sistem antarnegara bagian yang luas dari Colonial Pipeline, yang membawa bensin dan bahan bakar jet dari Texas ke New York. FBI mengonfirmasi bahwa ransomware Darkside bertanggung jawab atas serangan yang membahayakan perusahaan pipa yang berbasis di Atlanta.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Departemen Kehakiman pada Senin (7/6) memperoleh kembali uang tebusan cryptocurrency sekitar 2,3 juta dolar Amerika Serikat (AS) yang dibayarkan oleh Colonial Pipeline Co. Pihaknya menindak para peretas yang meluncur serangan siber AS yang paling mengganggu dalam catatan mereka.

Wakil Jaksa Agung Lisa Monaco mengatakan para penyelidik telah menyita 63,7 bitcoin, sekarang bernilai sekitar 2,3 juta dolar AS yang dibayarkan oleh Colonial setelah peretasan sistemnya bulan lalu yang menyebabkan kekurangan besar-besaran di pompa bensin Pantai Timur AS.

Baca Juga

“Departemen Kehakiman telah menemukan dan merebut kembali sebagian besar uang tebusan yang dibayarkan oleh Colonial,” kata Monaco, dilansir dari Reuters, Selasa (8/6).

Sebuah pernyataan tertulis yang diajukan pada Senin (7/6) mengatakan FBI memiliki kunci pribadi untuk membuka dompet bitcoin yang telah menerima sebagian besar dana. Tidak jelas bagaimana FBI mendapatkan akses ke kunci tersebut.

Seorang hakim di San Francisco menyetujui penyitaan dana dari “alamat mata uang kripto” ini, yang menurut pengarsipan terletak di Distrik Utara California.

Colonial Pipeline mengatakan telah membayar para peretas hampir 5 juta dolar AS untuk mendapatkan kembali akses. Bitcoin diperdagangkan turun hampir lima persen sekitar pukul 18.00 ET (22.00 GMT). Nilai cryptocurrency telah turun menjadi sekitar 34.000 dolar AS dalam beberapa pekan terakhir setelah mencapai level tertinggi 63.000 dolar AS pada April.

Penyitaan Bitcoin jarang terjadi. Namun, pihak berwenang telah meningkatkan keahlian mereka dalam melacak aliran uang digital karena ransomware telah menjadi ancaman keamanan nasional yang berkembang dan menambahkan ketegangan pada hubungan antara AS dan Rusia, di mana banyak kelompok tersebut bermarkas.

 

Peretasan, yang dikaitkan oleh FBI dengan geng bernama Darkside, menyebabkan penutupan selama berhari-hari yang menyebabkan lonjakan harga gas, panic buying dan kekurangan bahan bakar lokal. Ini menimbulkan kepusingan bagi Presiden Joe Biden ketika ekonomi AS mulai bangkit dari pandemi Covid-19.

Gedung Putih mendesak para eksekutif perusahaan dan pemimpin bisnis pekan lalu untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi dari serangan ransomware setelah peretasan Colonial dan kemudian gangguan yang mengganggu operasi di perusahaan pengepakan daging besar.

Wakil Direktur FBI Paul Abbate, yang berbicara pada konferensi pers yang sama dengan Monaco pada Senin (7/6) menggambarkan DarkSide sebagai kelompok kejahatan dunia maya yang berbasis di Rusia. Abbate mengatakan FBI melacak lebih dari 100 varian ransomware. DarkSide sendiri telah menyerang setidaknya 90 perusahaan AS, termasuk produsen dan penyedia layanan kesehatan.

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَالَّذِيْنَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَالْاِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ اِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ اُوْتُوْا وَيُؤْثِرُوْنَ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۗوَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَۚ
Dan orang-orang (Ansar) yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah ke tempat mereka. Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (Muhajirin), atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan. Dan siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

(QS. Al-Hasyr ayat 9)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement