Selasa 08 Jun 2021 20:35 WIB

Sekolah Tatap Muka di Lampung Ditunda Jika Covid-19 Naik

Saat ini delapan daerah di Provinsi Lampung melakukan uji coba sekolah tatap muka.

Red: Qommarria Rostanti
Sekolah tatap muka (ilustrasi).
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Sekolah tatap muka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung menyatakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dapat ditunda. Hal tersebut dilakukan apabila kasus Covid-19 di daerah ini meningkat.

"Untuk persiapan pembelajaran tatap muka sudah kami lakukan, namun dalam pelaksanaannya nanti, bila kasus Covid-19 di kabupaten meningkat, pelaksanaannya dapat kami tunda terlebih dahulu," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, saat dihubungi di Bandar Lampung, Selasa (8/6).

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka tersebut, izin wali murid juga menjadi salah satu pertimbangan yang wajib diperhatikan oleh setiap satuan pendidikan. "Izin wali murid menjadi pertimbangan penting dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Bila wali murid tidak mengizinkan, guru harus menyiapkan pembelajaran jarak jauh bagi siswa," kata Sulpkar.

Menurut dia, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga peserta didik dari paparan Covid-19. "Kami harus sadar bahwa pandemi Covid-19 belum usai. Jadi, prinsipnya bila kasus meningkat, rencana pembelajaran tatap muka ditunda, keselamatan peserta didik menjadi yang utama," ujarnya.