Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Bitcoin Turun, Pasar Kripto Rugi Hingga Ribuan Triliun

Rabu 09 Jun 2021 07:04 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bitcoin Turun, Pasar Kripto Rugi Hingga Ribuan Triliun (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Bitcoin Turun, Pasar Kripto Rugi Hingga Ribuan Triliun (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Pasar kripto global kehilangan Rp 2.853 triliun.

Pasar kripto global kehilangan $200 miliar (sekitar Rp 2.853 triliun) menjelang Selasa pagi, yang menurut laporan Cointelegraph (8/6/2021), menambah kerugian menjadi $ 300 miliar (sekitar Rp 4.280 triliun) untuk minggu ini. Momentum mendorong kapitalisasi pasar global turun sejak bitcoin (BTC) mencapai puncaknya baru-baru ini pada April, diikuti oleh puncak altcoin pada awal Mei.

Kemerosotan baru-baru ini juga bertepatan dengan penurunan jumlah transaksi yang mengalir melalui blockchain bitcoin. Pada 30 Mei, jumlah transaksi bitcoin harian turun hingga 175 ribu — level terendah hampir tiga tahun yang membentang kembali ke September 2018, menurut data dari BitInfoCharts.

Baca Juga: Dukung Bitcoin Sepanjang Hayat, Jack Dorsey Fokus Jadikan Bitcoin Mata Uang Asli di Internet!

Jumlah transaksi bitcoin mencapai 392 ribu pada Januari 2021 dan tetap cukup stabil hingga 15 April dua hari setelah harga koin mencapai puncaknya. Sejak itu, keduanya mengalami penurunan, dengan transaksi turun lebih dari 50 persen sepanjang Mei.

Pola umum yang sama disaksikan dengan ether (ETH), di mana transaksi harian turun dari 1,6 juta pada 11 Mei (hari yang sama ketika harga koin mencapai puncaknya) menjadi 1 juta pada hari Ahad dengan penurunan 37,5 persen.

Jumlah transaksi on-chain tidak melukiskan gambaran lengkap untuk bitcoin atau ether.

Apakah penurunan umum berlanjut adalah masalah spekulasi yang intens bagi analis pasar, yang memberikan prediksi optimis dan tidak menyenangkan untuk arah harga BTC pada masa depan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA