Rabu 09 Jun 2021 13:41 WIB

Ilmuwan Hitung Berat Semua SARS-CoV-2 di Dunia, Berapa?

Ilmuwan menhitung berat SARS-COV-2 yang sudah menginfeksi lebih dari 173 juta orang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ilmuwan menghitung perkiraan berat semua partikel SARS-CoV-2, virus corona penyebab covid-19 yang ada di dunia. Menurut sebuah studi baru, jika semua partikel SARS-CoV-2 yang saat ini beredar di manusia seluruh dunia dikumpulkan menjadi satu tempat, beratnya antara berat apel dan balita.

Baru-baru ini tim peneliti menghitung setiap individu yang terinfeksi membawa sekitar 10 miliar hingga 100 miliar partikel SARS-CoV-2 individu pada puncak infeksi mereka. Ini menunjukkan semua virus SARS-CoV-2 telah menjadi sekitar 1 juta hingga 10 juta infeksi pada waktu tertentu selama pandemi dan memiliki massa kolektif di suatu tempat antara 0,1 dan 10 kilogram.

Baca Juga

Meskipun kecil, massa virus ini menyebabkan malapetaka yang terjadi saat ini. Menurut data virus korona John Hopkins, virus tersebut kini telah menginfeksi lebih dari 173 juta orang dan membunuh lebih dari 3,7 juta.

Untuk menghitung berapa banyak virus yang dapat dibawa oleh setiap orang yang terinfeksi, para peneliti menggunakan pengukuran yang diambil dari monyet rhesus, berapa banyak SARS-CoV-2 yang mereka bawa selama infeksi puncak di berbagai jaringan. Ini termasuk di paru-paru, kelenjar getah bening, dan sistem pencernaan.