Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Bagaimana Jika Sulit Mengetahui Arah Kiblat untuk Sholat?

Rabu 09 Jun 2021 21:12 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Kondisi sulit menemukan arah kiblat kadang dihadapi orang hendak sholat. Ilustasi sholat menghadap kiblat

Kondisi sulit menemukan arah kiblat kadang dihadapi orang hendak sholat. Ilustasi sholat menghadap kiblat

Foto: Republika/Thoudy Badai
Kondisi sulit menemukan arah kiblat kadang dihadapi orang hendak sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang Muslim diwajibkan menunaikan sholat dengan mengarah ke kiblat yakni Kabah di Makkah Arab Saudi. Namun bagaimana batasan yang mengatur dibolehkannya melaksanakan sholat dengan ke segala arah?

Anggota Komisi Fatwa Dar Al-Iftaa Mesir, Syekh Dr Muhammad Wissam, menyampaikan penjelasan mengenai hal itu. Sebelumnya dia menerima pertanyaan, jika berada di suatu tempat, apakah boleh melaksanakan sholat ke arah manapun?

Ataukah harus bertanya kepada seseorang untuk memastikan arah kiblat? Lalu jika tidak ada seseorang yang mengetahui arah kiblat, apa yang harus dilakukan?

Baca Juga

Syekh Wissam menjelaskan, menentukan arah kiblat dapat diketahui dengan memperhatikan masjid-masjid di sekitarnya, dengan bertanya pada seseorang, atau bahkan dengan bertanya pada aplikasi smartphone.

"Selama ada kemampuan bertanya, maka bertanya ini wajib dilakukan agar seseorang tidak sholat ke arah selain arah kiblat," kata dia menekankan.

Namun, jika memang tidak ada orang yang bisa ditanya, tidak mendapat informasi apapun untuk mengetahui arah kiblat, dan tidak ada telepon selular, maka orang tersebut harus berusaha semaksimal mungkin untuk menentukan arah kiblat, baru kemudian sholat.

"Pada saat itulah, seorang hamba dibolehkan sholat dengan arah kiblat ke arah manapun, sepanjang tidak menemukan orang untuk ditanya dan tidak mendapat informasi tentang arah kiblat," tuturnya.

 

Sumber: masrawy 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA