Kamis 10 Jun 2021 15:10 WIB

Kelas Fotografi Daring yang Bisa Anda Ikuti, Gratis!

Di kelas tersebut, ada berbagai tutorial foto dan video yang disediakan cuma-cuma.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kelas fotograi daring yang bisa diikuti secra gratis (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kelas fotograi daring yang bisa diikuti secra gratis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda berminat terhadap fotografi? Jika iya, beberapa kelas fotografi daring dari berikut ini bisa Anda ikuti secara gratis. 

Di sana, Anda bisa menyaring setiap tutorial foto atau video dengan cuma-cuma. Semuanya akan membantu Anda membangun seperangkat keterampilan yang solid, atau meningkatkan pengetahuan Anda yang sudah ada. Berikut platform kelas fotografi daring gratis yang dimaksud, seperti dilansir di laman MUO, Kamis (10/6):

1. Skillshare (dasar-dasar fotografi DSLR)

Skillshare adalah platform yang menawarkan kursus tentang hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan. Anda dapat mendaftar ke Skillshare secara gratis dan, segera setelah Anda melakukannya, Anda mendapatkan akses ke perpustakaan kelas online gratisnya yang luas.

Namun, ada peringatan. Saat mendaftar, Skillshare meminta Anda memasukkan informasi kartu kredit untuk uji coba gratis versi Premium. Jika Anda tidak tertarik dengan versi Premium, Anda harus membatalkannya setelah Anda selesai mendaftar. Meski begitu, Anda masih bisa mendapatkan akses ke kursus gratis Skillshare.

Kursus Fotografi DSLR gratis ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang memotret dengan kamera DSLR. Kelas ini menawarkan 11 video yang mengajarkan  cara kerja dengan kamera Anda saat memotret apa pun mulai dari lanskap yang menakjubkan hingga potret emotif.

2. Skillshare (cara mengambil foto pro di iPhone)

Ini adalah kursus lain yang dapat Anda temukan di platform Skillshare. Kelas ini melayani mereka yang ingin menjadi fotografer tetapi tidak mampu membeli kamera profesional.

IPhone yang lebih baru memiliki kamera yang sangat baik. Jadi tidak heran mengapa begitu banyak orang mencoba-coba fotografi smartphone. Kelas ini menawarkan 22 pelajaran yang membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk diselesaikan.

Kursus ini mengajarkan Anda cara mengambil bidikan terbaik hanya dengan menggunakan ponsel cerdas Anda. Anda akan belajar bagaimana menyesuaikan pengaturan, membuat komposisi terbaik, dan menceritakan sebuah kisah dengan gambar Anda.

3. Strobist (pencahayaan)

Strobist adalah sumber yang fantastis untuk fotografer yang ingin menjadi lebih baik dalam menggunakan flash mereka. Ini bukan kursus umum yang mengajarkan secara luas tentang fotografi.

Ini adalah keahlian khusus yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan khusus yang akan sering Anda gunakan sebagai fotografer yaitu pencahayaan. Pencahayaan adalah bagian penting dari gambar yang bagus, jadi setiap fotografer harus melakukan yang terbaik untuk menyempurnakan keterampilan mereka.

4. Udemy (kursus pengenalan fotografi)

Kursus Udemy menawarkan panduan berharga untuk pemula. Ini membantu fotografer muda mengatasi rasa takut karena tidak lagi menggunakan mode otomatis pada kamera mereka, dan sebagai gantinya mengubah pengaturan itu sendiri.

Anda tidak hanya diajari cara mengubah pengaturan kamera, tapi juga akan mempelajari konsep komposisi penting, seperti aturan sepertiga dan cara menggunakannya. Kursus ini juga mencakup cara memilih latar belakang dan tip terbaik untuk pembingkaian.

Kursus fotografi pengantar Udemy menawarkan pelajaran praktis luar biasa yang pasti akan memperluas pengetahuan dan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri untuk berhenti menggunakan mode otomatis.

5. Phlearn (tutorial gratis di Photoshop & Lightroom)

Sebagai seorang fotografer, Anda harus tahu cara menggunakan Photoshop dan Lightroom untuk lebih meningkatkan kualitas gambar. Platform Phlearn menawarkan untuk membantu Anda dalam hal itu. Ini menawarkan lebih dari 450 tutorial daring gratis yang bertujuan untuk mengasah keterampilan mengedit foto Anda.

Tutorial yang ditawarkan menyeluruh dan sering kali menyertakan contoh gambar untuk meningkatkan pemahaman Anda. Tutorial gratis mencakup berbagai topik bermanfaat, seperti cara menghapus orang dari foto liburan Anda, memperbaiki gambar yang sudah tua, menambahkan uap atau asap ke gambar, dan banyak lagi.

6. Alison (kursus fotografi gratis)

Platform Alison menawarkan kursus tentang hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan. Ini juga memiliki bagian yang didedikasikan untuk kursus fotografi gratis yang dapat Anda selami dan jelajahi.

Kelas fotografinya singkat tapi menyeluruh. Mereka mencakup apa saja mulai dari mengelola pengaturan kamera hingga komposisi, pencahayaan, dan bahkan konsep yang lebih canggih seperti bracketing dan panjang fokus. Untuk mendapatkan akses ke kursus, Anda harus mendaftar ke situs tersebut.

Kelemahan yang perlu dipertimbangkan di Alison adalah, meskipun kelas fotografi gratis, Anda harus membayar untuk sertifikasi jika Anda ingin menerima sertifikat digital, cetak, atau berbingkai untuk menyelesaikan kursus.

7. Creativelive (cara memilih kamera DSLR pertama Anda)

Fotografer dari setiap level bisa mendapatkan keuntungan dari platform Creativelive. Sebagai seorang pemula, Anda bisa menemukan cara memilih kamera DSLR pertama yang sangat membantu. Saat baru mengenal fotografi, Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dicari saat membeli peralatan, jadi mendapatkan saran tentang apa yang Anda butuhkan sangatlah penting.

Kelas fotografi ini mencakup 16 pelajaran video, berlangsung sekitar lima jam, dan menawarkan banyak saran praktis. Anda diajari apa yang harus dicari dalam lensa, bagaimana ukuran sensor memengaruhi kualitas gambar, dan bagaimana gaya fotografi yang berbeda mendapat manfaat dari fitur yang berbeda. Mengetahui semua ini, Anda tidak akan membuang-buang uang untuk peralatan yang tidak Anda butuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement