Kamis 10 Jun 2021 20:22 WIB

Ikuti 4 Trik Ini Agar Apartemen Minimalis Terkesan Luas

Sangat penting mengetahui apa yang dibutuhkan dan bukan apa yang diinginkan

Red: Gita Amanda
Ilustrasi apartemen. Penting memilih perabotan agar apartemen minimalis terkesan luas.
Foto: dokpri
Ilustrasi apartemen. Penting memilih perabotan agar apartemen minimalis terkesan luas.

REPUBLIKA.CO.ID, Memilih perabotan untuk apartemen yang berukuran mungil memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, ini terjadi karena beberapa alasan. Mulai dari ruangan yang berukuran kecil hingga budget terbatas.

Namun apapun masalahnya tak perlu khawatir karena selalu ada solusi dari setiap masalah. Ikuti langkah-langkah berikut agar ruangan minimalis tampak lebih luas:

1.Bijak memilih perabotan

Untuk melengkapi area ruang tamu, kamar tidur atau area manapun di dalam rumah pastikan untuk memilih perabotan yang penting terlebih dahulu. Dalam hal ini sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan bukan apa yang kamu inginkan. Hindari juga membeli karena desain yang cantik tanpa memikirkan fungsinya terlebih dahulu. Agar semakin akurat kamu bisa membuat daftar prioritas barang-barang apa saja yang dibutuhkan setiap ruangan.

2. Beli perabotan multifungsi

Sangat amat bijaksana jika kamu memikirkan sesuatu yang multifungsi dan fleksibel saat mendesain ruang mungil. Jika perlu belanjakan uang kamu hanya pada benda yang memiliki fungsi ganda, misalnya sofa bed yang dapat menjadi alas duduk saat kerabat berkunjung sekaligus tempat beristirahat di malam hari.

Selain itu pertimbangkan juga memiliki meja yang dapat dilipat, yang mana berguna untuk bekerja maupun sekaligus untuk makan. Jangan lupa, bagilah ruangan sesuai kebutuhan dengan pemisah ruangan minimalis seperti tirai, atau rak yang juga berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan.

3. Berinvestasi pada tempat penyimpanan

Memiliki daya kreatif yang tinggi merupakan suatu keharusan saat merancang desain interior untuk apartemen. Pasalnya kamu harus pandai memanfaatkan setiap sudut dan harus mampu memilih perabotan yang tepat.

Sebagai solusinya belilah tempat tidur yang memiliki tempat penyimpanan pada bagian bawah, seperti laci atau furnitur yang memiliki banyak ruang kosong. Dengan cara ini kamu dapat menyimpan aneka perlengkapan kecil, yang mungkin saja menyebabkan kekacauan.

Pilihan lainnya adalah meja nakas susun yang memiliki laci tambahan. Dengan adanya perabotan yang berada pada sisi kasur ini, maka kamu bisa meletakan secangkir kopi, lampu, hingga menyimpan obat-obatan pada tempat penyimpanan ekstra tersebut.

4. Dekorasi minimalis

Setelah memiliki hal-hal penting, tambahkan beberapa aksesoris untuk menghiasi apartemen agar lebih nyaman dan aman. Ingat keindahan adalah bagian rumah yang tidak boleh terlupakan.

Sebagai contoh kamu bisa menggunakan lampu lantai, yang membuat bagian meja lebih longgar dan menggunakannya untuk menyimpan atau meletakan peralatan kerja. Tambahkan juga karpet yang mampu menyembunyikan lantai yang tidak sedap dipandang mata, sekaligus menjadi dekorasi yang memberi kesan hangat.

Untuk bagian jendela berikan tirai berwarna netral yang  memberikan ilusi ruangan lebih luas. Jangan takut juga untuk menghiasi dinding dengan kaca, ataupun wallpaper palet terang.

Itu tadi tips untuk mengatur dan menghiasi apartemen mungilagar terkesan luas dan indah. Namun pastikan juga untuk tidak asal membeli perabotan, karena murah belum tentu terjamin kualitasnya. Ada baiknya kamu mengocek budget sedikit lebih dalam, tapi dapat menggunakan furnitur tersebut untuk waktu yang lama.

Untuk mendapatkan yang terbaik pastikan untuk membelinya dari platform terpercaya seperti Ruparupa, situs terpercaya yang merupakan gabungan brand dari Kawan Lama Group. Dapatkan semua kebutuhan dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement