Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Biaya Transaksi Bitcoin dan Ether Merosot Jauh

Jumat 11 Jun 2021 01:13 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Biaya Transaksi Bitcoin dan Ether Merosot Jauh (Foto: Unsplash/Rawpixel)

Biaya Transaksi Bitcoin dan Ether Merosot Jauh (Foto: Unsplash/Rawpixel)

Biaya penggunaan blockchain Bitcoin dan Ethereum sedang menurun

Biaya penggunaan blockchain Bitcoin dan Ethereum sedang menurun dengan cepat, sebagaimana dibuktikan dengan pengurangan 93% -95% dalam biaya transaksi rata-rata selama beberapa bulan terakhir.

Dikutip dari Cointelegraph (10/6/2021), biaya dibayarkan kepada para penambang yang memproses transaksi pada blockchain proof-of-work yang khas. Besarnya biaya tergantung pada ukuran transaksi dalam byte dan berapa banyak transaksi yang telah dilalui koin di masa lalu (karena ini perlu diperiksa setiap kali koin dipindahkan). Pasokan dan permintaan ruang juga menentukan ukuran biaya transaksi karena blockchain memiliki kapasitas terbatas.

Baca Juga: Tolak Bitcoin, Perusahaan Milik Orang Terkaya di Dunia Investasi ke Bank Digital

Baik Bitcoin dan Ethereum melihat biaya transaksi mereka melonjak ke tertinggi sepanjang masa pada tahun 2021 pada bulan April dan Mei, masing-masing, bertepatan dengan valuasi koin yang meningkat dan puncak harga.

Biaya transaksi rata-rata Bitcoin mencapai $62,77 pada 24 April — angka yang melebihi $55 tertinggi sepanjang masa dari Desember 2017, yang bertahan selama lebih dari tiga tahun. Pada hari Minggu, biaya telah jatuh serendah $4,38. Itu menandai pengurangan 93% dan mengirim biaya rata-rata Bitcoin kembali ke level yang tidak terlihat sejak Desember 2020, sebelum pompa pasar 2021.

Pola umum yang sama terlihat di Ethereum, di mana biaya transaksi rata-rata naik setinggi $69,92 pada 12 Mei. Itu adalah harga tertinggi lainnya untuk biaya penggunaan Ethereum dan tidak diragukan lagi sebagian didorong oleh kesibukan aktivitas yang menyertai peluncuran. keuangan terdesentralisasi dan pertukaran Uniswap, yang telah lama menjadi konsumen sumber daya terbesar di Ethereum.

Pada hari Minggu, biaya rata-rata Ethereum serendah $3,44 – angka yang tidak terlihat sejak hari pertama Januari 2021 – sebesar pengurangan 95%. Biaya di kedua blockchain cenderung melonjak setiap kali ada kenaikan mendadak pada harga koin atau aplikasi baru yang meningkatkan penggunaan jaringan.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, jumlah transaksi pada Bitcoin dan Ethereum juga menurun. Antara Januari dan Juni, jumlah harian transaksi Bitcoin turun dari sekitar 400.000, menjadi hanya 175.000. Demikian juga, jumlah transaksi Ethereum harian turun dari 1,6 juta menjadi 1 juta antara Mei dan Juni saja, menandai penurunan 37,5%.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA