Jumat 11 Jun 2021 14:10 WIB

Persis Vs PSG Jadi Laga Pembuka Piala Wali Kota Solo 2021

Delapan klub peserta akan saling berhadapan dan yang kalah langsung gugur.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Endro Yuwanto
 Ketua Organizing Committee Piala Wali Kota Solo 2021, Cahyadi Wanda (kanan).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Organizing Committee Piala Wali Kota Solo 2021, Cahyadi Wanda (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Turnamen Piala Wali Kota Solo 2021 bakal dibuka dengan laga Persis Solo melawan PSG Pati pada Ahad (20/6) pukul 15.15 WIB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Turnamen pramusim tersebut menggunakan sistem knock-out atau sistem gugur.

Piala Wali Kota Solo yang digelar selama sepekan pada 20-26 Juni 2021 bakal diikuti oleh delapan tim dari klub Liga 1 dan Liga 2. Kedelapan tim tersebut yakni Arema FC Malang, Persib Bandung, Bali United, Bhayangkara FC, Persis Solo, PSG Pati, Dewa United, dan Rans Cilegon FC.

Ketua Organizing Committee Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda, mengatakan, panitia tidak mengumpulkan banyak tim karena keterbatasan waktu. Sebab, panitia hanya bisa memberlakukan turnamen dengan periode singkat, yakni sepekan dan hanya delapan tim.

"Kami ingin memainkan banyak tim tapi keterbatasan waktu dan persiapan Liga 1," kata Cahyadi saat jumpa pers secara virtual melalui Zoom Meeting, Jumat (11/6).

Cahyadi menjelaskan, dasar pertimbangan Piala Wali Kota hanya diikuti delapan klub karena untuk klub Liga 2 panitia ingin para pemilik baru merasakan animo kompetitif. Sebab, sejak memiliki klub, mereka belum merasakan kompetisi seperti ajang tersebut. "Kami ingin menyambut baik kehadiran mereka (pemilik baru klub Liga 2) di industri sepak bola. Sedangkan klub Liga 1 secara jadwal yang bisa mengikuti klub-klub ini," ucapnya.

Cahyadi mengaku sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pemilik klub Liga 1 tersebut dan semuanya menyambut baik. Lantaran kebetulan slot terbatas, pemilik klub yang pertama mengiyakan itu yang diajak bergabung. Ia juga mengapresiasi para pemilik klub Liga 2 sekaligus sebagai motivasi kepada kaum milenial untuk masuk industri sepak bola.

"Yang pasti PSSI mendukung kegiatan ini karena surat rekomendasi sudah dikeluarkan. Kami berkoordinasi soal protokol kesehatan, kami meminta arahan, petunjuk, dan kami sudah menerima pedomannya dan itu kami pastikan diterapkan karena kesehatan pemain nomor satu," tegas Cahyadi.

Cahyadi menambahkan, pertandingan menggunakan sistem knock-out. Klub akan bertanding dan yang kalah langsung gugur. Panitia sudah melakukan pengundian. Pertandingan pembuka akan mempertemukan Persis kontra PSG Pati. Kemudian, malam harinya Persib Bandung melawan Arema FC.

Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 1,1 miliar. Rinciannya, juara 1 mendapatkan Rp 500 juta, juara 2 senilai Rp 300 juta, juara 3 sebesar Rp 200 juta, dan juara 4 sebesar Rp 100 juta. Selain itu, hadiah Rp 75 juta untuk pemenang babak awal dan Rp 40 juta bagi yang kalah.

"Kami saat ini terus memproses izin-izin yang dibutuhkan, kami koordinasi dengan kepolisian, BNPB, Satgas Covid-19, dan kami komitmen akan mengikuti semua persyaratan yang dibutuhkan," pungkas Cahyadi.

Meski digelar tanpa penonton, Piala Wali Kota Solo 2021 bisa disaksikan masyarakat melalui salah satu stasiun televisi swasta maupun aplikasi layanan streaming. Hal itu sebagai kampanye menonton bola dari rumah saja untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement