Jumat , 11 Jun 2021, 15:46 WIB

Data dan Fakta Seputar Duel Italia Vs Turki di Euro 2020

Rep: Frederikus Bata / Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Italia saat merayakan gol ke gawang lawan.
Foto EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI

Para pemain timnas Italia saat merayakan gol ke gawang lawan.

Timnas Italia tidak pernah kalah dalam 10 pertemuan melawan Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Beberapa jam lagi, partai pembuka Piala Eropa (Euro) 2020 berlangsung. Tentu saja pertarungan ini melibatkan tim-tim yang berada di Grup A.

Italia menjamu Turki, di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6) dini hari WIB. Mengutip dari uefa.com, berikut sejumlah data dan fakta seputar duel kedua kubu.

- Italia tidak pernah kalah dalam 10 pertemuan melawan Turki. Perinciannya, Gli Azzurri menang di tujuh laga, dan tiga duel berkesudahan imbang.

- Sejak 1980, Italia hanya sekali mengalami kekalahan dalam delapan partai perdana turnamen Piala Eropa. Sisanya, dalam tujuh kesempatan, Gli Azzurri mengoleksi tiga kemenangan, dan imbang di empat partai.

- Satu-satunya kekalahan Italia pada laga perdana Piala Eropa terjadi pada 2008 lalu. Saat itu, Gli Azzurri yang tergabung di Grup C, dihajar Belanda, tiga gol tanpa balas.

- Duel di Roma nanti, menjadi pertemuan pertama kedua tim di pentas Piala Eropa, setelah 20 tahun berlalu. Sebelumnya, Italia dan Turki bertemu pada Euro 2000. Saat itu, Gli Azzurri unggul tipis 2-1 atas the Crescent-Stars.

- Ini kampanye kelima Turki pada kejuaraan Eropa, sejak debut pada 1996 lalu.

- Turki lolos ke Piala Eropa 2020, setelah menempati posisi kedua Grup H, di belakang Prancis. Tapi saat berhadapan dengan Les Bleus, skuad polesan Senol Gunes tak pernah kalah. Ketika mentas di rumah sendiri, The Crescent-Stars unggul 2-0. Giliran tampil di Paris, kedua tim bermain imbang 1-1.

- Turki hanya kebobolan tiga gol selama kualifikasi Piala Eropa 2020. Itu rekor pertahanan terbaik bersama Belgia. Merih Demiral dan rekan-rekan mencatatkan delapan clean sheet, lebih banyak dari tim mana pun.

- Ini akan menjadi pertandingan kedua, timnas Turki di Stadion Olimpico, Roma. Sebelumnya pada 17 Maret 1954, The Crescent-Stars bermain imbang 2-2 dengan Spanyol di arena tersebut. Hasil demikian, meloloskan Turki ke Piala Dunia pada tahun yang sama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas italia timnas turki italia vs turki euro 2020 piala eropa 2020 jadwal euro 2020 jadwal siaran langsung euro 2020 prediksi italia vs turki turkivsitaliaeuro2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya