Sabtu 12 Jun 2021 01:52 WIB

Sering Jajan? Ini Cara Pastikan Makanan Bersih

Segera lepas plastik pembungkus makanan.

Red: Dwi Murdaningsih
Makanan cepat saji (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Makanan cepat saji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis gizi klinik konsultan nutrisi pada kelainan metabolisme gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Ida Gunawan membagikan sejumlah langkah untuk memastikan makanan yang Anda beli dari luar tetap terjaga kebersihannya.

"Setiap makanan yang dikirim kemudian dibungkus dengan plastik, maka plastik segera dilepaskan dan dibuang. Kemudian kita cuci tangan dengan bersih sebelum akhirnya membuka bungkusan makanan tersebut," kata dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Puri Indah.

Baca Juga

Anda bisa menghangatkan makanan itu karena karena perjalanan terkadang sudah menjadi lebih dingin. Namun, bila tujuannya untuk mengurangi risiko transmisi COVID-19, sampai saat ini belum ada bukti penelitian yang menyatakan virus dapat dihilangkan dengan cara memanaskan makanan.

Selain memperhatikan kebersihan makanan, penting pula untuk menerapkan pola makan sehat di masa pandemi COVID-19. Ida menyarankan Anda mengonsumsi makanan dalam bentuk segar misalnya buah-buahan. Sebab, kandungan vitamin, mineral dan fitokimia yang berperan penting untuk kesehatan dan ikut meningkatkan antibodi masih tersimpan dengan baik.

"Kurangi yang bentuk frozen (food)," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement