Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

5 Kabar Gembira Bagi Mereka yang Berjuang Sholat Subuh

Sabtu 12 Jun 2021 08:14 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT memberikan anugerah bagi mereka yang melaksanakan Sholat Subuh. Ilustrasi sholat

Allah SWT memberikan anugerah bagi mereka yang melaksanakan Sholat Subuh. Ilustrasi sholat

Foto: dok. Republika
Allah SWT memberikan anugerah bagi mereka yang melaksanakan Sholat Subuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menunaikan Sholat Subuh memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW pun menyampaikan kabar gembira bagi mereka yang melaksanakan sholat tersebut. Setidaknya, ada lima kabar gembira itu.

Pertama 

بَشِّر الْمَشّائين في الظُّلَم إلى المساجد بِالنّور التام يوم القيامة "Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang berjalan dalam kegelapan menuju masjid-masjid yang terang-benderang pada Hari Kebangkitan." (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa ketika manusia berjalan dalam kegelapan dunia, Allah SWT memberi kompensasi kepada mereka dengan cahaya sempurna. Ini akan terjadi pada Hari Kiamat kelak. 

Kedua 

مَن صلّى الصّبْح فهو في ذِمّة الله، فلا يَطلبنّكم الله مِن ذِمّته بِشيء فيُدْرِكه فَيَكبّه في نار جهنم "Siapa yang melaksanakan Sholat Subuh, maka dia berada dalam lindungan Allah SWT. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian dengan suatu hal karena lindungan-Nya. Karena siapa yang dituntut karena lindungan-Nya, Allah pasti akan menemukannya dan melemparnya ke Neraka jahannam." (HR Muslim) 

Ketiga 

رَكْعَتَا الفَجر خير مِن الدنيا وما فيها "Dua rakaat fajar itu lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR Muslim)

Jika sholat fajar dua rakaat (sholat sunnah qobliyah Subuh) itu lebih baik, lantas bagaimana dengan Sholat Subuh? Mana yang lebih besar pahalanya? Dalam hadits Qudsi riwayat Bukhari, disebutkan: 

وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِي بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ "Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih aku cintai, daripada yang telah Aku wajibkan..."

Keempat 

الملائكة يتعاقبون؛ ملائكة بالليل وملائكة بالنهار، ويجتمعون في صلاة الفجر والعصر ثم يَعرُج إليه الذين بَاتُوا فيكم، فيسألهم - وهو أعلم - فيقول: كيف تَرَكْتُم عبادي؟ فيقولون: تَرَكْنَاهم يُصَلّون، وأتَينَاهُم يُصَلّون

"Allah memiliki para malaikat yang bergantian di antara kalian, malaikat pada malam hari dan malaikat pada siang hari, mereka berkumpul ketika sholat fajar dan Sholat Ashar.

Lantas malaikat yang bermalam naik dan Allah menanyai mereka --sekalipun Dia paling tahu terhadap mereka--bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Mereka (malaikat) menjawab, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan sholat." (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA)

Karena itu, ketika seorang Muslim senantiasa melaksanakan Sholat Subuh, maka di saat itulah para malaikat hadir berkumpul.

Kelima 

Melaksanakan Sholat Subuh akan membuat seseorang terhindar dari kemalasan dan kejahatan. Hal ini diketahui sebagaimana hadits Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW mengatakan, iblis membuat tiga simpul ikatan di belakang kepala salah satu dari kalian ketika tidur, dan menggoda agar terus tertidur lelap.

فإن استيقظ فَذَكَر الله انْحَلّت عُقْدة، فإن تَوضّأ انْحَلّت عُقْدة، فإن صَلّى انْحَلّت عُقْدة؛ فأصبح نشيطا طيب النفس، وإلاّ أصبح خَبِيث النّفْس كَسْلان

"...Jika dia bangun dan mengingat Allah, ikatan tersebut dilepaskan, dan jika dia berwudhu, ikatannya dilepaskan, dan jika dia sholat, ikatannya dilepaskan. Kemudian dia menjadi energik dan baik hati. Jika tidak demikian, maka ia akan menjadi jahat dan malas."

 

Sumber: alukah  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA