Ahad 13 Jun 2021 07:32 WIB

Danilla Riyadi dan RamenGvrl Bicara Soal Pelecehan Seksual

Saat mengalami pelecehan seksual korban seringkali menyalahkan diri sendiri.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Gita Amanda
Danilla Riyadi
Foto: Instagram/danillariyadi
Danilla Riyadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengalaman buruk seperti pelecehan seksual ternyata tak hanya pernah dialami oleh penyanyi Marion Jola. Penyanyi Danilla Riyadi pun pernah mengalaminya, ia meminta para korban pelecehan seksual agar tak merasa diri hina akibat kejadian tersebut.

Perempuan berusia 31 tahun itu mengaku awalnya sempat merasa sangat hina saat dia mengalami pengalaman buruk tersebut. “Gue merasa gue kotor banget sih, kayanya ini aib,” kata Danilla saat konferensi pers peluncuran single "Don’t Touch Me" melalui Zoom, Kamis (10/6).

Danilla merasa banyak hal yang secara psikologi atau mental itu terkikis tiba-tiba. Menurutnya, saat itu dia harus mengembalikan kondisi psikologi tersebut dengan mengingatkan diri bahwa diri kita ini adalah sosok yang berharga.

Selain itu, dia menyarankan untuk bisa memaafkan diri sendiri untuk mencintai diri sendiri. “Kita itu berharga jauh dari yang kita bayangkan. Jadi jangan pernah merasa bahwa kita aib,” ujar Danilla.

Sepakat dengan Jola mengenai langkah berbicara dengan orang yang terpercaya saat mengalami pengalaman traumatis tersebut. Pelantun "Senja di Ambang Pilu" itu meyakini apa yang kita alami tersebut bukan merupakan sebuah hal yang memalukan dan trauma yang dialami bisa disembuhkan.

Rapper perempuan, RamenGvrl pun menyepakati apa yang sampaikan oleh kedua rekan bernyanyinya. Dia tak memungkiri, ketika mengalami pelecehan seksual, kita menjadi sangat jatuh dan sering menyalahkan diri sendiri.

“Saat itu biasanya korban sering menyalahkan diri sendiri seperti berfikir apa karena baju gue yang gimana, atau gara-gara gue ini terlalu membuka kesempatan,” kata Ramen.

Dia mengatakan, dalam bersosialisasi, penting untuk tak menyalahartikan kebaikan satu sama lain. Misalnya, seseorang menganggap seseorang yang lain menjadi ‘mudah’ untuk dibujuk rayu karena telah baik kepadanya.

“Stop berpikir seperti itu karena yang salah tetaplah orang yang melakukan duluan tanpa seizin dulu. Jadi jangan menyalahkan diri sendiri dan jangan merasa ini aib,” kata Ramen.

Danilla Riyadi, Ramengvrl, dan Marion Jola berkolaborasi merilis sebuah lagu berjudul “Don’t Touch Me". Ketiga artis tersebut mengusung isu keperempuanan pada lirik lagu tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ ۗ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ۗوَالّٰتِيْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوْهُنَّ ۚ فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا
Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. An-Nisa' ayat 34)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement