Senin 14 Jun 2021 07:57 WIB

Cara Mudah dan Aman Menggunakan Peta Digital

Digitalisasi perlahan-lahan mulai masuk ke semua sektor, termasuk navigasi berkendara

Rep: Rian Sudiarto (swa.co.id)/ Red: Rian Sudiarto (swa.co.id)
Peta Digital
Peta Digital

Digitalisasi perlahan-lahan mulai masuk ke semua sektor, termasuk juga navigasi dalam berkendara, khususnya mobil.  Petag digital yang menunjukkan arah perjalan, kondisi lalu lintas, jalan dan fasilitas-fasilitas umum ini dirancang untuk memudahkan pengemudi. Namun, masih terdengar kabar  juga ada pengguna yang malah kesasar melenceng dari arah tujuan.  

Auto2000 memberikan petunjuk agar tidak tersesat dalam menggunakan peta digital tersebut. Petama,  Atur Peta Sesuai Kebutuhan peta digital diatur sesuai kebutuhan. Paling mudah adalah memastikan moda transportasi yang dipakai adalah mobil sehingga tidak diarahkan melalui jalan sempit yang hanya pas untuk sepeda motor atau pejalan kaki. Pelajari pula menu dan fitur lainnya seperti pilihan menggunakan jalan tol.

Kedua, pelajari rute yang dipilih. Masukkan alamat yang dituju, jangan langsung meluncur menuju lokasi. Baca terlebih dahulu rute yang ditunjukkan oleh peta digital untuk mengetahui akan diarahkan lewat mana untuk memberikan gambaran rute yang ditunjukkan guna mencegah tersesat. Pelajari   apakah rutenya melalui jalan besar atau kecil, termasuk apakah jalannya berliku tanpa henti? Jika ya, hampir pasti AutoFamily diarahkan melalui rute perbukitan. Jangan sampai bingung, perhatikan kondisi kemacetan jalan yang ditandai oleh warna lajur yang diberikan. Pelajari rute alternatif berwarna abu-abu, siapa tahu justru rutenya lebih familiar, nyaman, dan cepat.

Ketiga,  Ikuti peta dan tetap waspada. Usahakan untuk fokus melihat ke arah jalan dan tidak terlalu sering melempar pandangan ke layar ponsel karena berbahaya. AutoFamily bisa lebih fokus ke perintah suara yang keluar beriringan dengan arah yang dituju dari aplikasi peta digital sehingga konsentrasi mengemudi tidak terganggu.

Keempat, lihat patokan atau legenda. Peta digital umumnya menyediakan legenda-legenda yang memudahkan ketika membaca peta dan bisa dijadikan sebagai patokan arah jalan. Selain itu, perhatikan juga rambu penunjuk arah yang tersedia.  Apabila meragukan, coba lah tanya kepada warga sekitar mana arah yang dituju.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 mengatakan, peta digital memang diciptakan untuk memudahkan pengguna kendaraan. Meski begitu masyarakat harus paham cara menggunakannya sehingga tidak bermasalah seperti kesasar. “Selain itu yang penting pastikan mobil dalam kondisi prima supaya dapat mengikuti rute yang diberikan sehingga selamat sampai tujuan,”katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement