Senin 14 Jun 2021 13:02 WIB

Suplemen Terbaik Jika Ingin 'Berumur Panjang'

Suplemen disebut mempengaruhi umur apabila dikonsumsi secara signifikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Suplemen disebut mempengaruhi umur apabila dikonsumsi secara signifikan.
Foto: Pixabay
Suplemen disebut mempengaruhi umur apabila dikonsumsi secara signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang tentu mendambakan hidup dengan umur panjang. Namun, bukan hanya keberuntungan atau genetika yang dapat memengaruhi umur secara signifikan, suplemen yang tepat juga dapat meningkatkan kesehatan sehingga Anda bisa berumur panjang.

Untuk lebih mengetahui jenis suplemen yang agar berumur panjang, berikut uraiannya seperti dilansir dari Eat This, Senin (14/6).

Baca Juga

 

1. CoQ10

Ahli Diet Carrie Gabriel mengatakan, CoQ10 adalah antioksidan yang memiliki peran penting dalam produksi energi dan membantu melindungi dari kerusakan sel. Dengan rutin mengonsumsi CoQ10, itu dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang.

"Tubuh kita secara alami memproduksi ini, namun, itu menurun seiring bertambahnya usia, dan suplemen telah terbukti meningkatkan kualitas hidup dan kinerja fisik atau mental pada individu yang lebih tua,” kata Gabriel.

 

2. Vitamin D

Meski sinar matahari menyediakan sumber vitamin D yang layak, banyak orang dewasa masih kekurangan vitamin esensial ini. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin itu bisa meningkatkan usia harapan hidup seseorang.

Menurut penelitian tahun 2007 yang dilakukan di London School of Medicine, suplementasi vitamin D dapat meningkatkan panjang telomer pada wanita. Telomer adalah tutup pelindung di ujung kromosom yang memendek seiring bertambahnya usia

 

3. Kurkumin

Kurkumin, senyawa yang terdapat dalam kunyit, telah terbukti mengaktifkan protein tertentu seperti sirtuin yang meningkatkan umur panjang. Kurkumin juga mengurangi kerusakan sel dan penyakit serta gejala terkait usia.

 

4. Probiotik

Hidup lebih lama dimulai dengan usus yang lebih sehat, dan suplemen probiotik mungkin bisa membantu Anda mencapai keduanya.

Menurut Ahli Diet terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best, probiotik telah terbukti mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Bakteri sehat dalam suplemen probiotik bekerja untuk melawan bakteri jahat.

"Probiotik juga meningkatkan kekebalan tubuh dan respons peradangan secara keseluruhan. Diketahui bahwa peradangan kronis tingkat rendah terkait dengan penyakit kronis, yang memperpendek rentang hidup dan kualitas hidup,” kata Best.

 

5. Asam lemak omega-3

Suplemen Omega-3 dari tumbuhan alga atau ikan/kerang mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA rantai panjang yang telah terbukti mengurangi trigliserida serum dan mengurangi peradangan. Keduanya berkontribusi pada kesejahteraan dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Namun, Ahli Nutrisi Lindsay Wengler memperingatkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَّعَلَى الثَّلٰثَةِ الَّذِيْنَ خُلِّفُوْاۗ حَتّٰٓى اِذَا ضَاقَتْ عَلَيْهِمُ الْاَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ وَضَاقَتْ عَلَيْهِمْ اَنْفُسُهُمْ وَظَنُّوْٓا اَنْ لَّا مَلْجَاَ مِنَ اللّٰهِ اِلَّآ اِلَيْهِۗ ثُمَّ تَابَ عَلَيْهِمْ لِيَتُوْبُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ ࣖ
dan terhadap tiga orang yang ditinggalkan. Hingga ketika bumi terasa sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa mereka pun telah (pula terasa) sempit bagi mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksaan) Allah, melainkan kepada-Nya saja, kemudian Allah menerima tobat mereka agar mereka tetap dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

(QS. At-Taubah ayat 118)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement