Senin 14 Jun 2021 13:05 WIB

Terlalu Banyak Minum Kopi Berisiko pada Mata?

Konsumsi kopi yang berlebihan bisa membawa masalah serius pada penglihatan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Konsumsi kopi yang berlebihan bisa membawa masalah serius pada penglihatan.
Foto: Pixabay
Konsumsi kopi yang berlebihan bisa membawa masalah serius pada penglihatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menjadi suatu rutinitas kopi selalu ada dalam menu sarapan sebagai pengisi energi pagi hari. Banyak penelitian yang menunjukkan kopi memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun, dalam studi terbaru yang diterbitkan Ophthalmology Journal, konsumsi kopi yang berlebihan bisa membawa masalah serius.

Menurut penelitian, asupan kopi per hari lebih dari 480 miligram kafein yang setara dengan empat cangkir kopi dapat membuat lebih dari tiga kali lipat risiko mengembangkan glaukoma bagi mereka yang secara genetik mengidap glaukoma. Gelaja lain yang bisa dilihat adalah adanya peningkatan tekanan mata.

Baca Juga

Banyak dokter menyarankan agar orang dewasa membatasi asupan kafein harian antara tiga dan lima cangkir kopi delapan ons per hari. Jika minum kopi lebih dari takaran itu, bisa meningkatkan peluang terkena tekanan darah tinggi, detak jantung tak teratur, insomnia, atrofi otot, masalah pencernaan, dan kecemasan.

 

Apa itu glaukoma?

Dilansir the Ladders, Senin (14/6), glaukoma adalah kondisi saraf optik yang rusak karena adanya tekanan berlebihan pada mata. Ini disebabkan oleh asupan kopi yang berlebihan. Dalam studi terbaru, kondisi ini bisa mengarah pada kerusakan penglihatan.

Sebab, glaukoma adalah penyebab utama kedua kebutaan. Hal ini umum di Amerika Serikat dengan lebih dari 200 ribu orang baru didiagnosis setiap tahun. Selain itu, sekitar 50 persen pasien menjalani waktu yang lama tanpa terdiagnosis dengan benar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement