Senin 14 Jun 2021 13:05 WIB

Terlalu Banyak Minum Kopi Berisiko pada Mata?

Konsumsi kopi yang berlebihan bisa membawa masalah serius pada penglihatan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Konsumsi kopi yang berlebihan bisa membawa masalah serius pada penglihatan.
Foto:

Populasi yang paling berisiko terkena glaukoma sering kali tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya. Satu-satunya cara untuk menilai risiko adalah dengan meminta seorang profesional medis menganalisis TIO atau tekanan intraocular, yakni jumlah tekanan cairan di dalam mata.

”Pasien glaukoma sering bertanya apakah mereka dapat membantu melindungi penglihatan mereka melalui perubahan gaya hidup. Namun, ini telah menjadi sesuatu yang kurang dipelajari sampai sekarang,” kata Rekan Penulis Studi Anthony Khawaja dari University College London Institute of Ophthalmology.

Anthony menyebut bagi siapa pun yang memiliki risiko genetik glaukoma bisa mulai mengubah asupan kafeinnya.

 

Berapa asupan kafein yang dinilai terlalu berlebihan?

Nilai kafein yang melebihi 321 miligram per hari dikaitkan dengan prevalensi glaukoma 3,9 kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum atau sedikit kafein dan termasuk dalam kelompok skor risiko genetik terendah.

 

“Studi UK Biobank membantu kita untuk belajar lebih banyak dari sebelumnya tentang bagaimana gen kita memengaruhi risiko glaukoma dan peran yang dapat dimainkan oleh perilaku dan lingkungan kita. Kami berharap dapat terus memperluas pengetahuan kami di bidang ini,” kata para penulis menyimpulkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement