Rabu 16 Jun 2021 03:44 WIB

Pemda Diminta Terus Kembangkan Kebijakan Green Economy

Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra diperlukan sebagai bentuk apresiasi

Rep: amri amrullah/ Red: Hiru Muhammad
Dalam rangka menjalankan arahan Presiden RI Joko Widodo terkait  Grand Strategi Energi Nasional untuk transformasi energi dan memperkuat green economy, green technology dan green product, PT Pertamina (Persero) terus memprioritaskan berbagai program transisi energi menuju energi baru dan terbarukan dengan memanfaatkan sumber energi yang melimpah di dalam negeri serta mengoptimalkan infrastruktur dari bisnis yang ada.
Foto: Pertamina
Dalam rangka menjalankan arahan Presiden RI Joko Widodo terkait Grand Strategi Energi Nasional untuk transformasi energi dan memperkuat green economy, green technology dan green product, PT Pertamina (Persero) terus memprioritaskan berbagai program transisi energi menuju energi baru dan terbarukan dengan memanfaatkan sumber energi yang melimpah di dalam negeri serta mengoptimalkan infrastruktur dari bisnis yang ada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah pusat meminta pemerintah daerah mulai bersiap menjalankan kebijakan ekonomi hijau (green economy) di daerah. Hal ini menjadi penekanan dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup, dimana KLHK memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020, kepada para kepala daerah dan pimpinan legislatifnya, secara daring dan luring, di Jakarta, Selasa (15/6).

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan semangat green economy atau ekonomi ramah lingkungan terus berkembang dan menggelora. Begitu juga semangat "green growth" terus beraktualisasi."Pertumbuhan hijau berarti mencapai pertumbuhan dengan penggunaan sumberdaya dan energi secara efisien," kata Menteri LHK.

Paralel dengan semangat green growth itu, lanjut dia, pemerintah terus melakukan penyesuaian, sebagaimana kebutuhan sosiologis masyarakat, lokal, nasional maupun internasional, dengan arah dan aktualisasi secara nyata untuk green economy.

Ia menjelaskan unsur-unsur penting Green Economy atau Ekonomi Hijau itu, meliputi low carbon, green growth, green technology, green energy, green industries, green products, green life, dan green management.