Kamis 17 Jun 2021 08:15 WIB

Warga Israel Serang Toko Palestina Saat Menggelar Pawai

Warga Israel berkeliling sambil melakukan provokasi terhadap warga Palestina.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Warga Israel Serang Toko Palestina Saat Menggelar Pawai
Foto: EPA/FILIP SINGER
Warga Israel Serang Toko Palestina Saat Menggelar Pawai

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Ribuan warga Israel berjalan beriringan sambil mengibarkan bendera melalui Yerusalem Timur. Mereka tengah melakukan pawai yang disebut March Flag pada Selasa lalu waktu setempat.

Pawai untuk memperingati kedudukan ilegal mereka atas Yerusalem tahun 1967 silam. Warga Israel juga berkeliling sambil melakukan provokasi terhadap warga Palestina yang mereka temui.

Baca Juga

Abeer, dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palestina memberikan gambaran langsung kondisi Yerusalem selama pawai. Dia menjelaskan, banyak warga Israel yang melakukan penyerangan terhadap tiap warga Palestina yang mereka temui.

"Banyak toko-toko (milik warga Palestina) yang tutup. Namun, mereka (pemukim Israel) tetap menyerang orang-orang yang ada di dalam toko tersebut. Bahkan mereka juga menyerang perempuan dan anak-anak yang ingin kembali ke rumah mereka," kata Abeer dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (16/6).

Abeer juga menyampaikan, sebelum pawai dimulai, angkatan bersenjata Israel yang menunggang kuda telah mengepung daerah-daerah yang mengarah ke Gerbang Damaskus Kota Tua. Ini untuk membersihkan daerah itu dari warga Palestina sebelum pawai Israel tiba di sana.

Ratusan warga Palestina di Yerusalem yang berunjuk rasa dan memprotes pawai provokatif itu pun dipaksa bubar. Mereka yang berjaga di depan Gerbang Damaskus untuk mencegah masuknya peserta pawai mendapat serangan brutal dari angkatan bersenjata Israel.

Angkatan bersenjata Israel menyerang demonstran dengan peluru baja berlapis karet dan gas air mata untuk membubarkan mereka. Bahkan, dalam video yang dibagikan Abeer, Israel mengerahkan water cannon untuk menghujani warga Palestina dengan tembakan air bertekanan tinggi.

Dalam pawai terdengar para pengikut pawai meneriakkan kata-kata makian kepada penduduk Palestina dalam bahasa Ibrani. Bagi warga Palestina, kata-kata kasar seperti itu selalu terdengar setiap tahun saat pawai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement