Kamis 17 Jun 2021 15:28 WIB

Risma Beri Penghargaan Mensos Era Presiden Soeharto

Inten Soeweno berdedikasi membangun sistem rehabilitasi vokasional di Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.
Foto: Dok Kemensos
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada mensos di era Presiden Soeharto, Inten Soeweno, atas dedikasinya dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas.

Bentuk penghargaan yang diberikan Kemensos berupa pemakaian nama Inten Soeweno untuk digunakan di balai besar vokasional khusus para penyandang disabilitas di Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kini balai tersebut dinamai Balai Besar Inten Soeweno.

"Atas dedikasi tersebut, Kementerian Sosial memberikan penghargaan 'Sentra Kreasi Award: Penghormatan Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas'," ujar Risma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (17/6).

Semasa menjabat sebagai Mensos pada 1993 hingga 1998, Inten telah memberikan sumbangsih besar bagi bangsa Indonesia khususnya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Inten dianggap memprakarsai kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Departemen Sosial dan Japan international Coorporate Agency (JICA).