REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong para pelaku ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk. Wapres menilai, sudah saatnya UMKM lebih adaptif, kreatif, dan inovatif dalam terus mengembangkan usahanya.
"Dalam era digital ini, UMKM juga harus memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi dan pemasaran produknya," ujar Kiai Ma'ruf dalam sambutannya saat menghadiri Acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) secara daring, Jumat (18/6).
Wapres mengatakan, pemasaran produk UMKM secara daring diharapkan mampu menciptakan efek berganda yang memberikan manfaat lebih besar dan lebih luas lagi bagi para pelaku UMKM. Sehingga, pada akhirnya mampu menyumbang pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian nasional.
Wapres mengatakan, melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dilaksanakan hari ini, pemerintah ingin terus mendorong national branding produk lokal unggulan. Sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar.
Gernas BBI telah berhasil mengikutsertakan 3,7 juta unit UMKM bergabung dengan platform online untuk memasarkan produknya.