Senin 21 Jun 2021 19:06 WIB

Makna Amanah dalam Alquran

Alquran menyebut kata amanah dalam enam ayat.

Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran menyebut kata amanah dalam enam ayat. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya kami telah menyampaikan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, semuanya, enggan memikul amanah itu, dan mereka khawatir mengkhianatinya" (QS Al Ahazab 72). 

Ada banyak pendapat mengenai makna amanah, dalam ayat ini. Abu Abdillah bin Qurtubi misalnya, mengatakan, amanah yang dimaksud bersifat umum dan mencakup seluruh tugas keagamaan. Ini adalah pendapat yang jumhur.

Baca Juga

Adapun Asy-Syaukani dengan menukil pendapat Al Wahidi mengatakan, amanah di sini, menurut ahli tafsir, adalah ketaatan dan kewajiban-kewajiban yang penunaianya dikaitkan dengan pahala dan pengabaiannya dikaitkan dengan dosa. 

Ibnu Ma'sud berkata, amanah dalam konteks ini adalah seluruh kewajiban, dan yang paling berat adalah amanah harta. Sedangkan, Ubay bin Kaab berpendapat bahwa, di antara amanah adalah dipercayakannya kepada seorang wanita atas kehormatannya.

Semua pendapat tersebut bermuara pada kesimpulan bahwa amanah dalam ayat tersebut adalah segala hal yang dipercayakan Allah kepada manusia, yakni mencakup seluruh perintah dan larangan-Nya., juga seluruh karunia yang diberikan kepada manusia. Sebagian ulama merinci apa-apa saja yang termasuk dalam amanah yang penting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement