Rabu 23 Jun 2021 03:36 WIB

Pendidikan Islam di Ethiopia Bangkit Kembali

Pendidikan Islam di Ethiopia dimulai saat sahabat Rasulullah hijrah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Nasjid Negashi yang berdiri di tengah pemukiman pertama Muslim di dunia yang terletak di Ethiopia.
Foto:

"Saya ingin menyelesaikan kuliah dan menjadi khatib atau guru di madrasah pedesaan," kata Ali.

"Kami telah menghasilkan Muslim elit selama 12 tahun terakhir dan banyak dari mereka melayani sebagai Imam (pemimpin sholat) masjid dan pemimpin komunitas yang dihormati di berbagai bagian Ethiopia," ucap Kedir.

Adapun populasi Muslim Ethiopia yang didominasi Sunni telah tumbuh sekitar 40 persen dari 112 juta penduduk negara Tanduk Afrika, yang mayoritas Kristen. Muslim Ethiopia dan Kristen dari berbagai denominasi telah hidup berdampingan secara damai selama beberapa generasi.

Namun, selama tiga tahun terakhir, kekerasan muncul antara pengikut dua agama besar di beberapa bagian negara. Para pemimpin agama dan pejabat pemerintah menyalahkan kekuatan politik sebagai pemicu konflik.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖٓ اِذْ قَالُوْا مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ عَلٰى بَشَرٍ مِّنْ شَيْءٍۗ قُلْ مَنْ اَنْزَلَ الْكِتٰبَ الَّذِيْ جَاۤءَ بِهٖ مُوْسٰى نُوْرًا وَّهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُوْنَهٗ قَرَاطِيْسَ تُبْدُوْنَهَا وَتُخْفُوْنَ كَثِيْرًاۚ وَعُلِّمْتُمْ مَّا لَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنْتُمْ وَلَآ اٰبَاۤؤُكُمْ ۗقُلِ اللّٰهُ ۙثُمَّ ذَرْهُمْ فِيْ خَوْضِهِمْ يَلْعَبُوْنَ
Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya ketika mereka berkata, “Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan Kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu memperlihatkan (sebagiannya) dan banyak yang kamu sembunyikan, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang tidak diketahui, baik olehmu maupun oleh nenek moyangmu.” Katakanlah, “Allah-lah (yang menurunkannya),” kemudian (setelah itu), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

(QS. Al-An'am ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement