Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Kenali Lebih Prodi Teknologi Komputer dan Prospek Kerjanya

Rabu 23 Jun 2021 07:22 WIB

Red: Gita Amanda

Salah satu Universias yang menyediakan prodi Teknologi Komputer adalah Univesitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Salah satu Universias yang menyediakan prodi Teknologi Komputer adalah Univesitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Masuk era society 5.0, dunia informatika menjadi hal cukup menarik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki era society 5.0, kenal lebih dengan dunia informatika menjadi hal yang cukup menarik. Meraka yang suka dengan bidang teknologi dan berwawasan luas, ingin berkarya dan menghasilkan sebuah teknologi, yuk simak ulasan berikut.

Mengenal jurusan teknologi komputer

Teknologi komputer itu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari seputar perangkat komputer baik itu software maupun hardware. Teknologi komputer itu sendiri tidak bisa lepas dari yang namanya informasi, sebab pada informasi itu terdapat sesuatu yang jadi tujuan dengan penyampaian dan penjabaran yang sebenarnya. Teknologi komputer juga membahas mengenai sistem jaringan dan telekomunikasi, sebab komputer merupakan sebuah bidang yang juga sangat penting dalam kehidupan manusia.

Prospek kerja lulusan teknologi komputer

Seperti dalam siaran pers, UniVersitas Bina Sarana Infromatika, dengan menekankan segi analisis bisnis dan manajemen, lulusan Teknologi Komputer sangat cocok untuk masuk sebagai ahli IT perusahaan. Kemampuan menggabungkan bisnis dengan programming sering menjadi kendala bagi seorang programmer yang lebih fokus ke sisi teknis seperti lulusan Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer. Berikut prospek kerja prodi Teknologi Komputer:

1. Android Programer

Untuk menjadi seorang programer itu kita harus menguasai bahasa pemrograman Java atau yang lainnya. Sebagai lulusan Teknologi Komputer anda harus memiliki bekal untuk menjadi android developer. Selain itu juga harus bisa berkolaborasi dengan UX Desainer dan mendapatkan aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna.

2. Software Engineer

Software Engineer biasanya mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan atau yang lainnya. Dalam pengembangan software, seorang engineer harus benar-benar memiliki skill bagus. Tugas utama profesi ini adalah mengembangkan program aplikasi yang sebelumnya telah dibuat sang programmer. Jika diibaratkan, programmer itu membuat program awal, lalu dikembangkan oleh Software Engineer

3. Konsultan IT

Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknologi Komputer juga dapat menjadi IT Consultant/Konsultan IT, dengan demikian ia dapat menerapkan ilmu yang ia dapatkan pada prodi Teknik Informatika yang dimilikinya secara nyata, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam teknologi dan informasi.

Secara spesifik, konsultan IT bisa menjadi spesialis teknis yang fokus dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam bisnis dan memberi saran atau konsultasi pada klien dalam penggunaan teknologi informasi supaya penggunaannya efisien dan sesuai target.

4. Computer Network atau Data Comunication Engineer

Seorang lulusan Ilmu Komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika (Informatics) dan teknologi komputer dapat menjadi ahli computer network dimana dapat merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Seorang Computer Network juga berperan besar dalam perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.

Banyak yang beranggapan bahwa profesi ini cukup mudah. Tetapi, pada kenyataannya cukup sulit dan tidak semua lulusan jurusan TI bisa melakukannya.Contoh kecil adalah, ketika data communication engineer diminta untuk menaikkan kecepatan internet di sebuah perusahaan.

5. Game Developer

Pada pekerjaan Game Developer ini juga memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama ia yang mahir grafis. Untuk membuat game, harus dilakukan secara tim karena proyek ini bisa dikatakan cukup berat. Ada yang bagian membuat animasi grafis, ada yang bagian programming, dan lainnya. Bagi Anda yang kuliah prodi Teknik Informatika dan suka sekali dengan yang namanya games, tidak ada salahnya anda membuat games. Selain mendapatkan uang, anda bisa memainkan games buatan anda sendiri.

Itulah beberapa prospek kerja cemerlang bagi lulusan Infromatika dan Teknologi Komputer. Seorang lulusan Informatika pastinya akan mampu berkarya dan menunjukan kemampuannya untuk hasil terbaik bagi teknologi yang perkembangannya sangat luas.

Ia juga bisa menciptakan beberapa teknologi melalui perangkat lunak komputer sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh orang banyak. Sekarang mencari kampus atau universitas yang menyediakan jursan teknologi komputer juga sudah banyak, baik itu universitas negeri maupun swasta. Salah satu Universias yang menyediakan prodi Teknologi Komputer adalah Univesitas BSI (Bina Sarana Informatika).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA