Rabu 23 Jun 2021 14:12 WIB

Betulkah Suntik Anestesi Ancam Nyawa Orang Sudah Divaksin?

Orang yang sudah divaksinasi disebut-sebut dilarang untuk dapatkan anestesi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ruang operasi (ilustrasi). Dalam informasi hoaks tersebut dikatakan bahwa siapa pun yang sudah divaksinasi Covid-19 dilarang untuk menggunakan anestesi dalam bentuk apa pun.
Foto:

PIB mengungkapkan bahwa tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim dalam pesan viral tersebut. Oleh karena itu, PIB mengimbau agar warganet tidak termakan oleh kebohongan misinformasi dalam pesan viral tersebut.

"Jangan terpedaya misinformasi, lakukan vaksinasi," papar PIB.

Menurut ahli kesehatan, masyarakat memang disarankan untuk menunda operasi non prioritas setelah vaksinasi. Akan tetapi, hal ini tak berkaitan dengan masalah keamanan anestesi bagi orang-orang yang sudah divaksinasi.

American Society of Anesthesiologist juga mengatakan tak ada bukti bahwa vaksin Covid-19 maupun penyakit Covid-19 dapat mengganggu anestesi. Alasan operasi sebaiknya ditunda sementara setelah vaksinasi adalah karena operasi dapat memberikan tekanan besar bagi tubuh.

Kondisi tersebut dapat memberikan tekanan pula pada sistem imun tubuh. Oleh karena itu, operasi disarankan untuk ditunda sebentar setelah vaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement