Rabu 23 Jun 2021 15:03 WIB

Studi: Pesta Ultah Anak Berpeluang Picu Penyebaran Covid-19

Dibandingkan pesta ultah dewasa, ultah anak lebih berisiko picu penyebaran Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Kue ulang tahun. Peneliti menemukan bahwa menghadiri peringatan hari ulang tahun di sebuah rumah tangga dikaitkan dengan tingkat diagnosis Covid-19 yang lebih tinggi.
Foto: (Foto: Flickr, Will Clayton)
Kue ulang tahun. Peneliti menemukan bahwa menghadiri peringatan hari ulang tahun di sebuah rumah tangga dikaitkan dengan tingkat diagnosis Covid-19 yang lebih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian menunjukkan pesta ulang tahun, terutama yang melibatkan anak-anak mengakibatkan peningkatan tingkat diagnosis COVID-19. Studi tersebut fokus pada hubungan antara pertemuan sosial informal dan penularan SARS-CoV-2

Studi yang dipublikasikan di JAMA ini menganalisis potensi peningkatan risiko Covid-19 di sekitar pertemuan sosial kecil. Peneliti mempelajari perubahan tingkat Covid-19 setelah pesta ulang tahun.

Baca Juga

Penelitian secara khusus melihat perubahan tingkat infeksi Covid-19 pada keluarga setelah adanya hari ulang tahun di rumah. Penelitian mencermati data dari Januari hingga November 2020.

Para peneliti juga memisahkan ulang tahun anak-anak dan ulang tahun orang dewasa menjadi dua kategori yang berbeda. Secara keseluruhan, data dari lebih dari 6,5 juta individu dari 2,9 juta rumah tangga dianalisis.

Para peneliti menemukan bahwa menghadiri peringatan hari ulang tahun di sebuah rumah tangga dikaitkan dengan tingkat diagnosis Covid-19 yang lebih tinggi. Risiko tertinggi di negara-negara dengan prevalensi penyakit yang tinggi.

"Perkiraan peningkatan infeksi Covid-19 dengan hari ulang tahun lebih besar di keluarga yang mengadakan ulang tahun anak baru-baru ini (vs orang dewasa)," tulis penelitian itu, dilansir Fox News pada Rabu (23/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement