Rabu 23 Jun 2021 15:03 WIB

Studi: Pesta Ultah Anak Berpeluang Picu Penyebaran Covid-19

Dibandingkan pesta ultah dewasa, ultah anak lebih berisiko picu penyebaran Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Kue ulang tahun. Peneliti menemukan bahwa menghadiri peringatan hari ulang tahun di sebuah rumah tangga dikaitkan dengan tingkat diagnosis Covid-19 yang lebih tinggi.
Foto:

Hasil penelitian juga menunjukkan kemungkinan peningkatan Covid-19 di acara ulang tahun anak-anak terjadi karena banyaknya tamu. Di samping itu, faktor pelonggaran masker dan jarak sosial tak ketat juga berperan.

"Keluarga juga mungkin lebih cenderung mengadakan pertemuan sosial untuk ulang tahun anak daripada untuk ulang tahun orang dewasa," tulis penelitian itu.

Para peneliti mencatat bahwa peningkatan infeksi tidak lebih besar untuk perayaan hari bersejarah. Di samping itu, tidak ada penurunan infeksi di rumah tangga yang berlokasi di daerah dengan perintah diam di rumah.

Para penulis mencatat, penelitian ini bersifat observasional dan mengandalkan data perawatan kesehatan administratif untuk diagnosis Covid-19 daripada data yang dikonfirmasi laboratorium. Studi ini juga "tidak mungkin menangkap kasus tanpa gejala" yang tidak memerlukan perhatian medis, karena diagnosis yang disertakan dalam data muncul dalam data klaim medis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement