Rabu 23 Jun 2021 15:33 WIB

Tips Merawat Anak yang Alami Gejala Long Covid

Bukan cuma orang dewasa, anak-anak juga ada yang mengalami long Covid.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang anak menjalani pengambilan sampel tes Covid-19 dengan swab antigen massal di Turi, Sleman, Yogyakarta, Senin (14/6). Anak-anak juga bisa mengalami long Covid.
Foto:

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan jika anak-anak mengalami gejala Covid-19 yang berkepanjangan, seperti dianjurkan oleh Long Covid Kids.

1. Datangi dokter

Jika ada gejala berlanjut, jangan ragu untuk membawa anak ke dokter lagi. Bahkan, jika perlu, mintalah pendapat banding mengenai gejala tersebut.

2. Catat gejala

Langkah selanjutnya adalah menuliskan gejala yang mungkin terjadi. Catatan ini bisa membantu dokter Anda ke depannya

3. Biarkan anak beristirahat

Jika anak Anda terkena Covid-19 dalam waktu yang lama, kemungkinan besar mereka akan sangat lelah. Jadi, doronglah mereka untuk beristirahat sebanyak mungkin.

Tak cuma itu, jangan izinkan anak kembali belajar di sekolah daring atau luring terlalu cepat.

4. Jadilah lebih pengertian

Anak-anak mungkin mulai berperilaku berbeda jika mereka sudah lama terkena Covid-19. Namun, hal ini sudah dijelaskan oleh Long Covid Kids, di mana perubahan perilaku terkadang memang muncul jauh sebelum gejala.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَلَكَهٗ يَنَابِيْعَ فِى الْاَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهٖ زَرْعًا مُّخْتَلِفًا اَلْوَانُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَجْعَلُهٗ حُطَامًا ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَذِكْرٰى لِاُولِى الْاَلْبَابِ ࣖ
Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal sehat.

(QS. Az-Zumar ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement