Kamis 24 Jun 2021 00:25 WIB

6 Resep Ramuan Tradisional Peningkat Daya Tahan Tubuh

Sejumlah tanaman obat dapat dijadikan ramuan peningkat daya tahan tubuh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Usaha minuman tradisional berbahan dasar rempah-rempah. Ramuan tradisional dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan, termasuk pada masa pandemi Covid-19.
Foto: dok. Humas UMM
Usaha minuman tradisional berbahan dasar rempah-rempah. Ramuan tradisional dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan, termasuk pada masa pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pandemi belum juga berakhir, bahkan kasusnya kini bertambah banyak dengan varian jenis baru. Masyarakat pun kembali diminta untuk memperketat protokol kesehatan.

Selain itu, masyarakat perlu menjaga daya tahan tubuhnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi ramuan kesehatan.

Baca Juga

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo, mengatakan, pemanfaatan obat tradisional merupakan salah satu upaya untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan, termasuk pada masa pandemi Covid-19. Ingat ya, ramuan ini bukan untuk penangkal Covid-19!

Berikut enam resep ramuan tradisional yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuhnya, seperti tertulis dalam edaran resmi dari Kementerian Kesehatan RI, dikutip dari laman yankes.kemenkes.go.id, Rabu (23/6).

Ramuan 1

Bahan: 2 ruas ibu jari jahe merah, 1 buah jeruk nipis, 3 ruas ibu jari kayu manis, gula merah secukupnya, dan tiga cangkir air.

Cara pembuatan: cuci bersih semua bahan. Jahe merah dicuci bersih dan digeprek. Rebus air hingga mengeluarkan banyak uap lalu kecilkan api dan rebus semua bahan yang sudah disiapkan bersama dengan gula merah selama 15 menit. Saring dalam keadaan dingin.

Cara pemakaian: minum satu kali sehari sebanyak 1,5 cangkir.

Ramuan 2

Bahan: 1 ruas ibu jari kunyit, 1 ruas ibu jari lengkuas, 1 buah jeruk nipis, 3 cangkir air, dan gula merah secukupnya.

Cara pembuatan: cuci bersih semua bahan. Kunyit dan lengkuas digeprek. Rebus air hingga mendidih lalu kecilkan api dan masukan semua bahan. Tunggu kira-kira hingga setengahnya dan matikan. Saring setelah dingin.

Cara pemakaian: minum dua kali sehari sebanyak satu setengah cangkir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement