Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

1 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Memulai dengan Niat, Mengapa?

Rabu 23 Jun 2021 13:21 WIB

Red: Agung Sasongko

Niat(Ilustrasi)

Niat(Ilustrasi)

Foto: Republika/Thoudy Badai
Niat berarti keinginan dalam hati untuk melakukan sesuatu.

REPUBLIKA.CO.ID, Niat merupakan syarat utama dari semua amal perbuatan yang dilakukan. Niat berarti keinginan dalam hati untuk melakukan sesuatu.

Suatu perbuatan akan bernilai ibadah atau bukan tergantung pada niat pelakunya. Niat yang salah, yaitu bukan karena Allah akan menghilangkan pahala dari amal yang dilakukan. 

Baca Juga

Karenanya, ketika mengikrarkan niat dalam hati, benar-benar mengarahkan segala daya upaya hanya tertuju kepada Allah SWT. Tujuan selain kepada-Nya harus disingkirkan jauh-jauh.

Dirikayatkan Amirul Mukminin, Umar Bin Khattab, Äku mendengar Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya semua amal perbuatan tergantung niatnya, dan sesungguhnya bagi setiap orang apa yang telah menjadi niatnya. Barang siapa hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu pun karena Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa hijrahnya untuk harta dunia yang hendak diperolehnya atau untuk seorang wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya itu pun untuk sesuatu yang dimaksudkannya itu."

(HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Thirmizi, an-Nasaí, Ibnu Majah, dan Ahmad).

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile