Kamis 24 Jun 2021 03:59 WIB

Jerman Lolos ke Babak 16 Besar Usai Tahan Imbang Hungaria

Jerman bermain imbang 2-2 melawan Hungaria di pertandingan terakhir Grup F.

Red: Bayu Hermawan
Pemain Jerman merayakan gol penyama kedudukan 1-1 pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Jerman dan Hongaria di Munich, Jerman, 23 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Lukas Barth-Tuttas
Pemain Jerman merayakan gol penyama kedudukan 1-1 pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Jerman dan Hongaria di Munich, Jerman, 23 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Jerman lolos ke babak 16 besar Euro 2020, usai menahan imbang Hungaria dengan skor 2-2 pada pertandingan terakhir Grup F di Stadion Allianz Arena, Kamis (24/6) dini hari WIB. Jerman mengantongi empat poin dan berada di posisi kedua klasemen Grup F dibawah Prancis.

Jerman dan Hungaria yang sama-sama memerlukan kemenangan memulai laga dengan tempo sedang. Pertarungan kedua tim lebih banyak berada di lapangan tengah di awal laga. Meski begitu, Jerman sempat mempunyai peluang pada awal pertandingan. Pada menit ke-3, Hummels melepaskan umpan panjang ke pada Kimmich yang berhasil lolos dari hadangan pemain belakangan Hungaria. Namun, sepakan Kimmich dari sudut sempit berhasil dimentahkan oleh kiper Hungaria, Gulacsi.

Baca Juga

Pendukung Jerman yang hadir di Stadion Allianz Arena dibuat terdiam saat Hungaria secara mengejutkan berhasil membobol gawang Neuer. Berawal dari skema serangan balik, pemain Hungaria Sallai melepaskan umpan silang dari kanan lapangan. Pemain depan Hungaria, Adam Szalai, berhasil memenangkan duel udara diantara dua bek Jerman, dan menanduk bola yang gagal diamankan oleh Neuer. Jerman 0-1 Hungaria.

Tersentak oleh gol Hungaria, pasukan Jerman bangkit. Skuat tim panser kemudian membombardir pertahanan Hungaria. Namun, kokohnya benteng pertahanan Hungaria membuat Jerman tak kunjung mendapat gol penyeimbang. Jerman punya peluang matang pada menit ke-20, melalui sepak pojok yang dilepaskan Kimmich, bola kemudian disambar oleh Hummels. Namun sayang sundulan pemain Dortmund itu membentur mistar gawang.

Sepanjang sisa babak pertama, Jerman mengusai jalannya pertandingan dengan total penguasaan bola mencapai 74 persen, berbanding 26 persen penguasaan bola Hungaria. Jerman juga mencatatkan enam tembakan ke arah gawang, namun hanya dua yang tepat sasaran. Sementara Hungaria hanya empat kali melepaskan dua tembakan ke arah gawang Jerman, serta dua yang tepat sasaran dan satu yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Hingga wasit membunyikan tanda berakhirnya babak pertama, skor tidak berubah, Jerman tertinggal 0-1 dari Hungaria. Berdasarkan hasil sementara di babak pertama, Hungaria mempunyai harapan lolos ke babak 16 besar Euro karena punya empat poin dan duduk di posisi ketiga klasemen Grup F. Sementara jika skor tidak berubah, Jerman dipastikan tersingkir, karena sementara turun ke dasar klasemen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement