Kamis 24 Jun 2021 08:37 WIB

Arab Saudi Sudah Vaksin Covid pada 70 Persen Populasi Dewasa

Program vaksinasi tahap selanjutnya akan fokus pada pemberian vaksin dosis kedua

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Vaksinator bersiap menyuntik vaksinasi Covid-19 Pfizer di Arab Saudi.
Foto: AP
Vaksinator bersiap menyuntik vaksinasi Covid-19 Pfizer di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi telah memberikan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) setidaknya 70 persen populasi orang dewasa dengan lebih dari 16,8 juta dosis pertama pada Kamis (24/6).

“Program vaksinasi tahap selanjutnya akan fokus pada pemberian vaksin dosis kedua untuk kelompok usia 50 tahun ke atas bagi mereka yang mengambil dosis pertama mulai hari ini,” ujar Kementerian Kesehatan Arab Saudi dalam sebuah pernyataan pada Kamis (24/6) dilansir Al Arabiya.

Baca Juga

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan akan terus memberikan dosis pertama kepada mereka yang tidak menerimanya pada periode sebelumnya. Pada Januari, pihaknya mengatur jadwal ulang tanggal pemberian vaksin dosisi kedua di keempat pusat vaksinasi di Ibu Kota Riyadh dan beberapa kota lain yaitu Jeddah, Dammam, dan Madinah.

Pihak berwenang Arab Saudi saat ini mengatakan penundaan vaksinasi terpaksa dilakukan karena sejumlah faktor. Di antaranya adalah keterlambatan pasokan vaksin dari produsen.

Komite Nasional Penyakit Menular Arab Saudi mengatakan ada kemungkinan orang-orang harus mengambil dua vaksin Covid-19 yang berbeda untuk dosis pertama dan kedua. Keputusan ini datang setelah studi ilmiah yang menunjukkan kemungkinan memberikan dua dosis dari dua vaksin yang berbeda secara aman dan efektif, dengan efektivitas yang bertujuan untuk mencapai perlindungan lebih besar dari virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement