Jumat 25 Jun 2021 15:48 WIB

Windows 11 akan Menjadi Pembaruan Gratis Pengguna Windows 10

Anda dapat memperbarui ke Windows 11 dengan cara yang sama seperti Windows terbaru

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bocoran interface Windows 11
Foto: the verge
Bocoran interface Windows 11

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft sedang mengembangkan Windows 11. Sistem operasi tersebut gratis jika Anda sudah menjadi pengguna Windows 10.

Selama PC memenuhi persyaratan minimum, Anda akan dapat memperbarui ke Windows 11 dengan cara yang sama seperti biasanya Anda memperbarui ke versi baru Windows 10, setelah mulai diluncurkan selama musim liburan 2021.

Baca Juga

Dilansir dari CNET, Jumat (25/6) kiriman blog Microsoft juga menyatakan untuk melihat apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke Windows 11, bisa mengunjungi windows.com untuk mengunduh aplikasi Health Check. Jika Anda membeli PC baru antara sekarang, komputer itu juga akan memenuhi syarat untuk upgrade gratis.

Jika Anda belum memperbarui ke Windows 10, jangan khawatir karena ada trik untuk mengunduh Windows 10 gratis yang masih berfungsi. Sekarang akan menjadi saat yang tepat untuk beralih mempersiapkan mesin terkait pemutakhiran Windows 11.

photo
Bocoran tampilan widget Windows 11. - (the verge)
 

Cara Mengunduh Windows 11

Setelah Windows tersedia, Anda akan mengunduhnya dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan versi Windows yang baru. Sebagian besar pengguna akan membuka Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows dan mengklik Periksa Pembaruan. Jika tersedia, Anda akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11. Klik Unduh dan instal.

Jika Anda ingin menguji Windows 11 sebelumnya, versi awal beta akan tersedia pekan depan untuk mereka yang berada di Program Windows Insider. Beta publik akan dirilis pada Juli. Namun, disarankan Anda menginstal versi beta jika Anda memiliki perangkat penguji kedua (bukan di perangkat utama) karena kemungkinan ada bug.

Windows 11 menampilkan desain baru yang ramping, dengan warna seperti pastel, sudut membulat, suara startup baru dan secara keseluruhan tampilan yang lebih mirip Mac. Menu Start Windows telah berpindah dari kiri bawah layar ke tengah, dengan ikon aplikasi menjadi di tengah.

Anda juga akan menemukan widget yang memberi Anda informasi tentang cuaca, saham, berita dan lainnya. Aplikasi Android akan diintegrasikan ke dalam Windows, serta dapat diinstal dari Microsoft Store.

Pembaruan menandai perubahan besar pertama pada sistem operasi Microsoft sejak Windows 10 diluncurkan kembali pada 2015. Rumor tentang desain ulang Windows telah beredar selama setahun terakhir.

Pada konferensi pengembang Microsoft Build pada 25 Mei, CEO Satya Nadella mengatakan Microsoft sedang merencanakan salah satu pembaruan Windows paling signifikan dalam dekade terakhir. Pertengah Juni, Microsoft diam-diam mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Windows 10 pada 2025 karena bocoran gambar Windows 11 menyebar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement