Jumat 25 Jun 2021 18:22 WIB

Rusia Minta Rencana Detail Pertemuan dengan Uni Eropa

Presiden Putin menjalin kontak dengan pemimpin Prancis dan Jerman.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: AP/Alexei DruzhininPool Sputnik Kremlin
Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pemerintah Rusia meminta negara-negara anggota Uni Eropa menyerahkan detail rencana pertemuan Uni Eropa-Rusia. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Moskow sudah mendengar mengenai proposal pertemuan Uni Eropa-Rusia yang diusulkan Prancis dan Jerman.

"Kami tidak tahu detail lainnya, pertemuannya akan tentang apa, agendanya apa, kami juga tidak tahu apakah negara-negara Uni Eropa lainnya sepakat dengan pertemuan ini, jadi kami memerlukan agar rekan-rekan kami menjelaskan apa yang mereka maksud dan  perjuangkan," kata Larvov seperti dikutip Anadolu, Jumat (25/6).

Baca Juga

Presiden Rusia Vladimir Putin rutin melakukan kontak dengan pemimpin-pemimpin Prancis dan Jerman. Tapi, kata Lavrov, mereka juga belum menjelaskan tentang rencana pertemuan ini.

Ia menduga proposal ini terkait dengan pertemuan presiden Rusia dan Amerika Serikat (AS) di Jenewa baru-baru ini. Lavrov mengatakan mungkin Eropa ingin menunjukkan sinyal kini mereka juga memiliki sedikit kemerdekaan.