Jumat , 25 Jun 2021, 19:17 WIB

Henderson Minta Pemain Muda Inggris tak Takut Melawan Jerman

Rep: Eko Supriyadi / Red: Israr Itah
Jordan Henderson saat mengambil penalti untuk timns Inggris saat melawan Rumania.
Foto EPA-EFE/Paul Ellis

Jordan Henderson saat mengambil penalti untuk timns Inggris saat melawan Rumania.

Inggris dikalahkan Jerman pada semifinal Euro 1996 lewat adu penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jordan Henderson meminta pemain muda Inggris bermain tanpa rasa takut saat menghadapi Jerman pada babak 16 besar Euro 2020. Mayoritas skuad the Three Lions saat ini memang diisi pemain muda, bahkan sebagian ada yang belum lahir ketika Inggris menghadapi Jerman di semifinal Euro 1996. Saat itu, pelatih Inggris Gareth Southgate, gagal mengeksekusi penalti ketika Jerman menang di Stadion Wembley.

Saat ini, Southgate memiliki skuad termuda dalam putaran final Euro 2020. Henderson, yang merupakan satu dari dua pemain dengan usia di atas 30 tahun dalam daftar 26 pemain, percaya kalau semangat pemain muda dapat menguntungkan Inggris. Ia merasa memiliki skuad yang didominasi pemain muda memberikan dampak yang positif.

Baca Juga

"Banyak dari para pemain ini hanya keluar dan bermain, menikmati permainan, bermain tanpa rasa takut. Itulah yang perlu mereka lakukan lagi pada hari Selasa," ujar Henderson merujuk duel dengan Jerman, dikutip dari The42, Jumat (25/6).

Ia meminta pemain muda Inggris menunjukkan kepada semua orang, bahwa mereka punya kualitas yang bagus untuk membela Inggris. Gelandang Liverpool itu ingin Jadon Sancho dkk menggunakan emosi dan gairah mereka untuk memberikan energi lebih dalam pertandingan. Sebab hal itu bisa jadi perbedaan yang nyata.