Senin 28 Jun 2021 00:49 WIB

Sisi, Presiden Mesir Pertama Kunjungi Irak dalam Tiga Dekade

Sisi akan membahas upaya meningkatkan kerja sama.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Sisi, Presiden Mesir Pertama Kunjungi Irak dalam Tiga Dekade. Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.
Foto: Reuters
Sisi, Presiden Mesir Pertama Kunjungi Irak dalam Tiga Dekade. Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi melakukan kunjungan ke Baghdad, Irak, Ahad (27/6). Itu merupakan kunjungan perdana pemimpin Mesir ke negara tersebut dalam tiga dekade terakhir.

Dilaporkan laman Anadolu Agency, kedatangan Sisi di Bandara Internasional Baghdad disambut langsung Presiden Irak Barham Saleh. Dalam kunjungannya, Sisi akan berpartisipasi dalam pertemuan tripartit dengan Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi dan Raja Yordania Abdullah II.

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, mereka akan membahas upaya meningkatkan kerja sama antara ketiga negara. Irak, Mesir, dan Yordania telah menandatangani sejumlah perjanjian yang dimaksudkan untuk meningkatkan kooperasi di bidang energi, perdagangan serta investasi. Pertemuan tingkat tinggi antara Sisi, Raja Abdullah, dan al-Kadhimi merupakan yang keempat dari para pemimpin negara Timur Tengah sejak 2019.

Sisi, Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi dan Raja Abdullah dari Yordania bertemu di Baghdad, Ahad. Ketiganya membicarakan mengenai kepentingan kawasan, termasuk perkembangan terakhir pada isu Palestina, memerangi terorisme, kerja sama ekonomi. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبَدَاَ بِاَوْعِيَتِهِمْ قَبْلَ وِعَاۤءِ اَخِيْهِ ثُمَّ اسْتَخْرَجَهَا مِنْ وِّعَاۤءِ اَخِيْهِۗ كَذٰلِكَ كِدْنَا لِيُوْسُفَۗ مَا كَانَ لِيَأْخُذَ اَخَاهُ فِيْ دِيْنِ الْمَلِكِ اِلَّآ اَنْ يَّشَاۤءَ اللّٰهُ ۗنَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَّنْ نَّشَاۤءُۗ وَفَوْقَ كُلِّ ذِيْ عِلْمٍ عَلِيْمٌ
Maka mulailah dia (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian dia mengeluarkan (piala raja) itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami mengatur (rencana) untuk Yusuf. Dia tidak dapat menghukum saudaranya menurut undang-undang raja, kecuali Allah menghendakinya. Kami angkat derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas setiap orang yang berpengetahuan ada yang lebih mengetahui.

(QS. Yusuf ayat 76)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement