Senin 28 Jun 2021 18:37 WIB

50 Tahun Berakting, Samuel L Jackson Diberi Gelar Kehormatan

Academy of Motion Picture Arts and Sciences beri gelar kehormatan pada Jackson.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Academy of Motion Picture Arts and Sciences baru-baru ini mengumumkan penerima Penghargaan Kehormatan 2022, salah satunya pada Samuel L Jackson.
Foto: AP
Academy of Motion Picture Arts and Sciences baru-baru ini mengumumkan penerima Penghargaan Kehormatan 2022, salah satunya pada Samuel L Jackson.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Berbagai peran yang telah dilakukan oleh aktor Amerika Serikat (AS) Samuel L Jackson selama 50 tahun dia berakting di Hollywood, membuat dia memiliki karir yang luar biasa. Meskipun demikian, ia belum memenangkan Academy Award untuk penampilannya.

Untungnya, sebuah perubahan menghampiri karirnya. Academy of Motion Picture Arts and Sciences baru-baru ini mengumumkan penerima Penghargaan Kehormatan 2022, yaitu Elaine May, Liv Ullmann dan Samuel L. Jackson.

Baca Juga

Mereka akan dipresentasikan di Pesta Gubernur ke-12 pada Januari 2022. Aktor dan aktivis Danny Glover juga akan diakui pada saat itu dengan Penghargaan Kemanusiaan Jean Hersholt dari Akademi.

Mengingat kontribusi signifikan Samuel L Jackson ke Hollywood, penghargaan ini mungkin tampak lama tertunda. Dia pertama kali mulai berakting secara profesional dalam episode 1976 dari serial TV Movin 'On. Debut filmnya adalah sebagai Anggota Gang no. 2 di Ragtime 1981. Dalam lima dekade sejak ia memulai karirnya, ia telah mengumpulkan lebih dari 100 kredit film.

Meskipun menjadi salah satu aktor yang paling dikenal dari generasinya, sampai saat ini, Samuel L. Jackson hanya diakui sekali oleh Academy Awards. Pada tahun 1994, ia dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk penampilannya di Pulp Fiction.

Selama lima dekade terakhir, Samuel L. Jackson telah tampil dalam beberapa pertunjukan yang layak Oscar, termasuk giliran dalam A Time To Kill, Jackie Brown, dan The Hateful Eight. Dia telah mendapatkan banyak penghargaan lain selama bertahun-tahun, termasuk empat nominasi Golden Globe dan kemenangan BAFTA.

Catatan Akademi tentang Penghargaan Kehormatannya menyatakan bahwa ia adalah "ikon budaya yang karya dinamisnya telah bergema di seluruh genre dan generasi dan penonton di seluruh dunia. Dia bertanggung jawab atas beberapa one-liner terbaik dalam sejarah Hollywood.

Samuel L Jackson adalah salah satu dari sedikit aktor yang dapat meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di beberapa waralaba ikonik. Dia bekerja dengan banyak sutradara paling dihormati di sinema modern. Dan dia menyuruh kita menonton Snakes On a Plane.

Meskipun dia mungkin paling dikenal akhir-akhir ini karena perannya sebagai Mace Windu di Star Wars dan Nick Fury di MCU. Samuel L Jackson masih patut diperhitungkan meskipun menjadi veteran Hollywood. Dia baru-baru ini mengesankan penggemar dan kritikus dengan penampilannya di The Hitman's Wife's Bodyguard.

Semua pengalaman itu semua menunjukkan Samuel L Jackson lebih dari sekadar mendapatkan penghargaan kehormatan yang mengakui kontribusi jangka panjangnya pada keahlian akting. Ketika dia mendapatkan penghargaan itu pada 2022 mendatang, Samuel L. Jackson akan bergabung dengan sekelompok aktor dan pembuat film elit, termasuk penerima baru-baru ini Hayao Miyazaki, Spike Lee, Cicely Tyson dan David Lynch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement