Selasa 29 Jun 2021 12:56 WIB

Kiai Ahmad Hanafiah, Inisiator Laskar Hizbullah Lampung  

Makam Kiai Ahmad Hanafiah Lampung tak diketahui hingga kini

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Makam Kiai Ahmad Hanafiah Lampung tak diketahui hingga kini. Ilustrasi Laskar Hizbullah
Foto: Foto: 50 tahun Indonesia Merdeka
Makam Kiai Ahmad Hanafiah Lampung tak diketahui hingga kini. Ilustrasi Laskar Hizbullah

REPUBLIKA.CO.ID, Pada masa pendudukan Jepang, salah satu organisasi yang terbentuk adalah Laskar Hizbullah. Berdiri sejak 1944, laskar ini menjadi medium pendidikan pa ramiliter bagi pemuda santri. Di dalam dada mereka, tertanam semangat mempertahankan Tanah Air. Bahkan, hal itu diyakini sebagai sebuah jihad di jalan Allah (fii sabilillah). 

Para pejuang Muslim lantas mendirikan cabang-cabang organisasi ini di berbagai daerah, termasuk Karesidenan Lampung. Di sana, Laskar Hizbullah pun menyebar ke berbagai kawasan, seperti Teluk Betung, Tanjung Karang, Pringsewu, Metro, dan Sukadana. 

Baca Juga

Di tempat yang terakhir disebut, inisiatornya adalah seorang dai bernama KH Ahmad Hanafiah. Ia memiliki latar belakang santri. Orang tuanya merupakan pendiri pesan tren pertama di seluruh Karesi denan Lampung. 

Saat terjadinya Perang Dunia II, Belanda tidak dapat mempertahankan Indonesia. Nusantara pun jatuh ke tangan Jepang. Pada masa pendudukan Dai Nippon di Tanah Air Kiai Ahmad Hanafiah diangkat menjadi anggota Saingkai atau semacam anggota dewan daerah di Karesidenan Lampung. Dari sinilah bermula kiprahnya dalam dunia perpolitikan. Pada akhirnya semangat jihad terus mendorongnya untuk berjuang dalam membebaskan Indonesia.