Rabu 30 Jun 2021 12:24 WIB

Viral Status Leon ke Istana Bertemu Bu Ani, Begini Faktanya

Komisaris Independen PT Pelni: Kapan ke Istana lagi Dek @Leon_Alvinda?

Red: Erik Purnama Putra
Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra.
Foto: Dok pribadi
Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Status Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), Leon Alvinda Putra di Facebook pada delapan tahun lalu, viral di lini masa. Beberapa akun pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah akun tersebut sembari menyindir Leon.

"Alhamdulillah dapat kesempatan berkunjung ke Istana Negara dan bertemu dengan Bu Ani," kata Leon dalam statusnya yang dibuat 25 Juni 2013. Tangkapan layar status Leon kini kembali viral

Status tersebut dikomentari oleh Komisaris Independen PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Kristia Budiyarto atau Kang Dede. "Kapan ke Istana lagi Dek @Leon_Alvinda?" kata Kang Dede lewat akun Twitter, @kangdede78.

Berdasarkan penelusuran Republika, ternyata Leon hadir di Istana Negara dan bertemu almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, Jakarta Pusat dua kali karena prestasinya. Dia hadir dalam acara Jambore Sanitasi 2013 yang diadakan Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Leon kembali diundang ke Istana pada 2014, karena berstatus sebagai pemenang Duta Sanitasi 2013. Selain Leon, Bella Puspita juga ditetapkan sebagai Duta Sanitasi.

"Kami senang bisa bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Pesan kami singkat saja, mulai lakukan perubahan dari hal kecil dan dari diri sendiri," ucap Leon yang sekarang merupakan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Menteri PU periode 2009-2014, Djoko Kirmanto dalam sambutannya, menyampaikan tujuan jambore adalah meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap sanitasi untuk mempercepat perubahan melalui kampanye lewat anak-anak.

"Disiapkan duta-duta sanitasi tingkat provinsi dan nasional yang akan menyampaikan sosialisasi mengenai sanitasi baik di sekolah maupun lingkungannya. Jika anak-anak yang menyampaikan kampanye peduli sanitasi akan lebih didengar," kata Djoko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement