Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

11 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mengapa Hanya Ada Sedikit Orang yang Bersyukur?

Rabu 30 Jun 2021 13:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Belajar bersyukur (Ilustrasi)

Belajar bersyukur (Ilustrasi)

Foto: Youtube
Allah SWT memerintahkan manusia bersyukur dan melarang tindakan sebaliknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Hakikat syukur adalah tampaknya bekas nikmat Allah pada lisan hamba-Nya, berupa pujian dan pengakuan. Pada hatinya, rasa syukur diapresiasikan dalam bentuk persaksian dan kecintaan.

Pada anggota badannya, rasa syukur diapresiasikan dalam kepatuhan dan ketaatan. Syukur dibangun di atas lima pilar yakni ketundukan orang yang bersyukur kepada Zat yang disyukuri, cinta kepada-Nya, mengakui nikmat-Nya, memuji-Nya atas nikmat-Nya, dan tidak mempergunakan untuk sesuatu yang tidak disukai-Nya.

Baca Juga

Allah SWT memerintahkan manusia bersyukur dan melarang tindakan sebaliknya. Allah memerintahkan untuk menjadikan rasa syukur sebagai tujuan penciptaan dan perintah.

Allah SWT pun menjanjikan balasan yang sangat baik, menjadikannya sebagai penyebab ditambahkannya karunia, di samping sebagai penjaga dan pemelihara nikmat-Nya. Orang yang suka bersyukur diberikan nama sesuai dengan sifat Allah yaitu, Asy Syakur.

Hal yang demikian sudah membuktikan bahwa Allah mencintai dan mengutamakan orang-orang yang bersyukur. Akantetapi, jumlah hamba-Nya yang bersyukur sangatlah sedikit (QS Saba 13). Sedikitnya orang yang bersyukur di dunia ini menunjukan bahwa orang-orang yang bersyukur merupakan orang-orang yang istimewa di mata Allah SWT.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile