Kamis 01 Jul 2021 17:49 WIB

Ini Syarat Pelaku Perjalanan Domestik Selama PPKM Darurat

Pemerintah akan memberlakukan PPKM darurat mulai 3 Juli mendatang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bayu Hermawan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali mulai 3 hingga 20 Juli. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan terdapat syarat pelaku perjalanan domestik selama diberlakukannya PPKM darurat.

"Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi jarak jauh seperti pesawat, bus dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksin," kata Luhut dalam konferensi video, Kamis (1/7).

Baca Juga

Luhut mengatakan, minimal penumpang dapat menunjukkan kartu vaksinasi dosis pertama. Selain itu, Luhut mengatakan, pelaku perjalanan jarak jauh juga masih harus menyertakan surat kesehatan. Dia menegaskan, pemberlakuan PCR atau antigen masih berlaku. 

"Pelaku perjalanan harus menunjukkan surat pemeriksaan PCR H-2 keberangkatan untuk pesawat," ujar Luhut.

Sementara itu, Luhut mengatakan pemberlakuan surat pemeriksaan swab antigen hanya berlaku untuk moda transportasi lainnya. Ia menjelaskan, hasil swab antigen berlaku satu hari sebelum keberangkatan.

Luhut minta masyarakat tetap menggunakan masker dengan benar dan konsisten saat melaksanakan kegiatan di luar rumah. "Tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker," tegas Luhut. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement