Jumat 02 Jul 2021 22:22 WIB

11 Sayuran Terbaik Bagi Pria

Pria perlu mengonsumsi sayur untuk kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Pria perlu mengonsumsi sayur untuk kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.
Foto: Pexels
Pria perlu mengonsumsi sayur untuk kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan pria boleh jadi mengetahui berbagai macam sayuran bermanfaat bagi tubuh. Namun bukan berarti merasa merasa perlu rutin mengonsumsinya. Padahal, pria perlu mengonsumsi sayuran yang kaya vitamin, mineral, antioksidan penting, serat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sementara semua sayuran bergizi, namun beberapa di antaranya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut daftar sayuran yang bisa dipilih untuk dimakan sehari-hari, seperti dikutip dari themanual.com, Jumat (2/7).

Baca Juga

 

1. Selada air

Vitamin di dalam selada air memberikan nutrisi penting untuk memperbaiki pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selada air juga mengandung beberapa kalsium, zat besi, mangan, vitamin E, berbagai vitamin B, tembaga, dan kalium. 

 

2. Sayuran hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung, dan lobak telah lama disebut-sebut sebagai makanan tersehat yang bisa dimakan karena banyaknya kandungan vitamin. Studi menunjukan konsumsi sayuran hijau gelap dapat memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan karena fitokimia dan antioksidannya seperti phylloquinone, lutein, nitrat, folat, -tocopherol, dan kaempferol. 

 

3. Endive, Chicory, dan Selada

Meskipun selada berdaun gelap juga menyediakan vitamin, mineral, dan beberapa serat sambil menyumbang jumlah kalori yang dapat diabaikan, sawi putih dan endive sangat bergizi. Itu memiliki hanya di bawah 10 kalori per cangkir, tetapi menawarkan serat, protein, kalsium, kalium, magnesium, folat, dan vitamin C, A, dan K. 

 

4. Daun bawang

Kucai dan daun bawang, bersama dengan bawang merah, bawang putih, hingga daun bawang, termasuk dalam keluarga tanaman yang dikenal sebagai Allium. Sayuran ini menghasilkan senyawa sulfur, quercetin, flavonoid, saponin, dan antioksidan lain yang terbukti memiliki efek anti-karsinogenik, anti-inflamasi, antimikroba, neuroprotektif, dan imunologis. 

 

5. Cruciferous

Sayuran cruciferous favorit seperti brokoli, kubis Brussel, kale, bob chop, arugula, kubis, dan kembang kol, dengan glukosinolat, dapat mengurangi risiko kanker otak, darah, tulang, usus besar, lambung, hati, paru-paru, mulut, pankreas, hingga kanker prostat. Sayuran cruciferous juga rendah kalori, dan merupakan sumber serat, folat, dan vitamin C, E, dan K yang baik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement