Ahad 04 Jul 2021 04:45 WIB

Media Asing Soroti Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat tenaga kesehatan kelimpungan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka covid-19 Covid-19 di Indonesia terus meroket dalam beberapa hari terakhir dan mencatatkan rekor baru kasus harian Covid-19. Pada Sabtu (3/7), Pemerintah Indonesia akhirnya melakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) untuk Pulau Jawa dan Bali.

Sejumlah media asing turut menyoroti kebijakan pemerintah Indonesia tersebut dan rekor penambahan kasus Covid-19 dalam sehari di Indonesia. Pada Jumat (2/7) kemarin, kasus harian covid-19 bertambah menjadi 25 ribu dan 539 kematian. Sementara pada Sabtu mencapai lebih dari 27 ribu.

Baca Juga

Medis Singapura, Channelnewsasia melaporkan, beban kasus harian Indonesia meningkat lebih dari empat kali lipat dalam waktu kurang dari sebulan. Total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 2,2 juta dan 59.534 pasien meninggal dunia. “Pembatasan yang lebih ketat datang terlambat,” kata warga Jakarta Maya Puspita Sari.

Channelnewsasia menilai, krisis telah mendorong sistem perawatan kesehatan Indonesia ke jurang kehancuran, sehingga tenda darurat didirikan di luar fasilitas medis. Koridor rumah sakit dipenuhi dengan orang sakit, dan pasien yang terinfeksi telah ditolak dari rumah sakit karena tidak mampu menampung lagi.