Ahad 04 Jul 2021 14:48 WIB

Jabar Butuh 100 Ribu Kader PKK Jadi Tim Pelacak Covid-19

Tugas kader PKK tim pelacak Covid-19 yakni mencari warga yang memiliki gejala Covid.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Republika/Bayu Adji P
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendorong kader PKK se-Jabar untuk turun tangan menangani pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menjadi tim pelacak Covid-19. Satu kader PKK bertugas di satu Rukun Tangga (RT). Menurut Ridwan Kamil, tugas kader PKK sebagai tim pelacak Covid-19 yakni mencari warga yang memiliki gejala Covid-19 atau mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. 

"Saya titip tugas teknis ini semoga kader PKK bisa menyambut tugas mulia ini," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil akhir pekan ini.

Baca Juga

Emil mengatakan, kader PKK dapat melacak warga yang berpotensi terpapar Covid-19 melalui sambungan telepon. Selain melacak, kader PKK juga harus memotivasi warga agar mau menjalani tes Covid-19.

Jika warga tersebut positif Covid-19, kata dia, kader PKK mesti mengarahkan warga tersebut untuk menjalani isolasi mandiri, baik di rumah maupun ruang isolasi yang ada di desa atau kelurahan. "Tugasnya hanya dua, menelepon yang terduga karena kontak erat dan memotivasi agar mau dites," katanya.