Senin 05 Jul 2021 02:05 WIB

Obat Generik HIV untuk Anak Didistribusikan ke Afrika

Obat generik HIV berbentuk tablet dengan rasa stroberi

Red: Nur Aini
HIV/AIDS (Ilustrasi)
Foto: Flickr
HIV/AIDS (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Badan-badan bantuan telah mendistribusikan tablet rasa stroberi untuk anak-anak yang hidup dengan HIV di enam negara Afrika, yang merupakan versi pediatrik generik pertama dari anti-retroviral utama. Hal itu dikatakan badan kesehatan global UNITAID pada Ahad (4/7).

Pendanaan UNITAID dan Clinton Health Access Initiative (CHAI) membeli 100.000 bungkus formulasi dolutegravir di Nigeria, Malawi, Uganda, Kenya, Zimbabwe, dan Benin, kata juru bicara UNITAID Herve Verhoosel dalam pernyataannya kepada Reuters.

Baca Juga

Sekitar 1,8 juta anak di seluruh dunia hidup dengan HIV, tetapi hanya setengahnya yang menerima pengobatan apa pun. Obat seringkali sulit diberikan kepada anak-anak karena rasanya yang pahit atau dosis yang tidak tepat dengan mengurangi porsi pil dewasa. Sekitar 100.000 anak meninggal karena AIDS setiap tahun.

"Dengan pengiriman formulasi baru-baru ini di enam negara pertama, proyek ini sekarang menjadi kenyataan," kata Verhoosel, yang mengunjungi Uni Emirat Arab, tentang inisiatif yang pertama kali diumumkan Desember lalu.

Dia mengatakan pengadaan itu dirancang untuk memulai permintaan dan bahwa donor utama telah "dengan cepat pindah ke pengadaan berkelanjutan, yang akan memungkinkan peningkatan skala nasional dan akses luas untuk semua anak yang memenuhi syarat dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya". Pengobatan HIV lini pertama direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dari usia empat minggu dan 3 kilo, tetapi telah di luar jangkauan bayi karena kurangnya formulasi yang tepat.

UNITAID dan CHAI telah mencapai kesepakatan harga dengan pembuat obat generik Viatris dan Macleods untuk formulasi dolutegravir pediatrik yang dapat terdispersi.  Perkiraan biaya untuk terapi kombinasi sekarang akan menjadi sekitar 120 dolar AS (sekitar Rp 1,7 juta) untuk perawatan tahunan anak, dibandingkan 480 dolar AS (sekitar Rp6,9 juta) saat ini, menjadikannya sebuah terobosan untuk negara-negara miskin, kata UNITAID.V erhoosel mengatakan kemitraan dengan Medicines Patent Pool memungkinkan perjanjian lisensi sukarela di 121 negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement