Selasa 06 Jul 2021 09:05 WIB

Salemba Valley UBSI Kembangkan Aplikasi Belajar Statistika

Tim Salemba Valley Universitas bawa aplikasi Statistika ke LIDM 2021

Meskipun di tengah pandemi, mahasiswa Universitas BSI (Universitas Bina Sarana Informatika) tetap aktif berkontribusi dalam ajang nasional, salah satunya LIDM 2021. Dalam ajang LIDM 2021 ini, Salemba Valley bergabung di divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan.
Foto: UBSI
Meskipun di tengah pandemi, mahasiswa Universitas BSI (Universitas Bina Sarana Informatika) tetap aktif berkontribusi dalam ajang nasional, salah satunya LIDM 2021. Dalam ajang LIDM 2021 ini, Salemba Valley bergabung di divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun di tengah pandemi, mahasiswa Universitas BSI (Universitas Bina Sarana Informatika) tetap aktif berkontribusi dalam ajang nasional, salah satunya LIDM 2021.

LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) merupakan kegiatan akbar yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementrian Pendidikan dan Budaya. Salah satu perwakilan Universitas BSI adalah tim ‘Salemba Valley’.

Dalam ajang LIDM 2021 ini, Salemba Valley bergabung di divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan. Anggota Salemba Valley terdiri dari Eleanus Bazikho selaku ketua, dan beranggotakan Maulana Ashadi Noor, Muhammad Rizqi, dan Bara Kusuma dengan dosen pembimbing, Hanggoro Aji Al Kautsar. 

Maulana selaku mahasiswa akhir prodi Teknologi Komputer Universitas BSI dan sebagai perwakilan tim berharap mereka bisa lolos ke babak final.“Tentu saya bersama tim melakukan yang terbaik dengan semaksimal mungkin. Mulai dari diskusi terkait materi yang diangkat, media yang digunakan, dan cara menyampaikannya. Harapannya, tentu kami ingin lolos ke babak final,” ujar Maulana, Sabtu (5/7).

Maulana menjelaskan bahwa aplikasi yang mereka kembangkan bisa menjadi sebuah media pembelajaran matematika untuk materi statistika. Di mana media yang mereka gunakan adalah permainan interaktif visual novel.

“Alasan kami memilih permainan visual novel, karena menurut kami sangat mudah dimainkan. Siswa hanya perlu menekan layar dan memilih opsi yang disediakan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tentu terdapat animasi dan gambar yang menarik. Dalam penyampaian materi pun kami sesuaikan. Jadi, siswa tidak merasa sedang belajar, melainkan sedang bermain.

Berita tentang keikutsertaan tim Salemba Valley didukung penuh oleh kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama.“Saya sangat mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa prodi Teknologi Komputer Universitas BSI atas partisipasinya mengikuti kegiatan LIDM ini. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman dan mengembangkan potensi mereka dalam mengeksplorasi kreativitas yang dimiliki,” pungkasnya.

Rachmat menjelaskan bahwa kegiatan positif ini tentu didukung penuh oleh Universitas BSI serta program studi.“Menang atau kalah, tetap menjadi kebangaan Universiats BSI, khususnya program studi Teknologi Komputer. Mari saksikan video proposal dari tim Salemba Valley di sini https://youtu.be/nOJw2u10EuU ,” tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement